BAURAN PROMOSI BERDASARKAN ANALISIS FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN PASIEN LUAR DALAM KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN LABORATORIUM RUMAH SAKIT ADIHUSADA UNDAAN WETAN SURABAYA

Michael Leksodimulyo, 090014056 (2005) BAURAN PROMOSI BERDASARKAN ANALISIS FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN PASIEN LUAR DALAM KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN LABORATORIUM RUMAH SAKIT ADIHUSADA UNDAAN WETAN SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-leksodimul-522-tka_27_06 ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-leksodimul-522-tka_27_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laboratorium RSAH-UW terletak disalah satu ruangan RSAH-UW yang dipimpin oleh tenaga spesialis patologi klinik dan mempunyai beberapa konsultan laboratorium dan managemen laboratorium dikelola oleh manajer pelayanan medik. Laboratorium perlu menetapkan dan mempertimbangkan cara promosi yang tepat sehingga dapat mencapai sasaran yang diharapkan. Kegiatan promosi penting dalam upaya laboratorium untuk memotivasi masyarakat sekitarnya agar dapat menggunakan jasa pelayanan laboratorium RSAH-UW. Penelitian merupakan studi observasional cross sectional dengan metode survei. Lokasi penelitian adalah laboratorium RSAH-UW Penelitian terfokus pada peranan konsumen luar terhadap terhadap penggunaan pelayanan laboratorium RSAH-UW. Sehingga pada penelitian ini alternatif bauran promosi disusun berdasarkan beberapa kegiatan yaitu mempelajari karakteristik konsumen, mempelajari faktor yang menjadi pertimbangan pasien luar menggunakan jasa pelayanan laboratorium, harapan pasien terhadap pelayanan lab.RSAH-UW, harapan pasien terhadap promosi. Kegiatan pertama adalah mempelajari karakteristik konsumen dan faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan periksa di Iab.RSAH-UW.Yang menjadi responden pada tahap ini adalah pasien yang telah menggunakan jasa pelayanan lab.RSAH-UW. Kegiatan kedua adalah memepelajari harapan pasien terhadap media promosi Kegiatan ketiga adalah menentukan usulan bauran promosi berdasarkan hasil kegiatan pertama dan kegiatan kedua. usulan bauran tersebut menjadi bahan diskusi untuk menentukan rekomendasi bauran promosi laboratorium RSAH-UW melalui Focus Group Discussion (PGD). Hasil Penelitian menunjukkan faktor yang menjadi pertimbangan pasien dalam menggunakan pelayanan laboratorium RSAH-UW adalah kenyamanan suhu ruangan, luasnya ukuran ruangan, penyediaan televisi, bahan bacaan berupa koran dan majalah, dilayani petugas laboratorium yang ramah, terampil, dapat memberikan informasi mengenai produk pelayanan laboratorium dan berpenampilan rapi, tarip yang murah,lingkungan yang strategis, lahan parkir yang cukup luas dan tertata asri. Berdasarkan penelitian harapan pasien terhadap media promosi, adalah TV,Koran atau majalah. Berdasarkan hasil bauran promosi yang sesuai melalui Focus Group Di.sseusion (FGD) pasien Luar adalah personal selling sedangkan untuk dokter pengirim adalah direct Marketing. Kesimpulan dan penelitian ini adalah RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya memprioritaskan bauran promosi penjualan personal selling dan direct marketing serta menggunakan media komunikasi yang efektif yaitu TV, koran atau majalah. Untuk meningkatkan keberhasilan program promosi disarankan melakukan penyusunan strategi pemasaran yang lebih dalam sebagai landasan dalam melakukan langkah pemasaran yang lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 27/06 Lek b
Uncontrolled Keywords: Promotion mix, Service laboratory
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Michael Leksodimulyo, 090014056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr. drg., MSUNSPECIFIED
ContributorSri Wahyuni Astuti, Dr. Dra.Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Oct 2016 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item