Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Dosen terhadap Pengetahuan, Keterampilan, Sikap dan Kinerja Dosen Bidang Pendidikan dan Pengajaran di Lingkungan Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara

Abdul Razak Yusuf, 090214864 (2005) Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Dosen terhadap Pengetahuan, Keterampilan, Sikap dan Kinerja Dosen Bidang Pendidikan dan Pengajaran di Lingkungan Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-yusufabdul-569-te0806-p ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
35656_Part1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext1)
35656_Part2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext2)
35656_Part3.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
35656_Part4.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam proses pendidikan , salah satu yang sangat berperan adalah tenaga pengajar (dosen). Dosen sebagai fasifitator dalam proses transformasi ilmu kepada mahasiswa. Dalam Undang-Undang Pendidkan Nasional dinyatakan bahwa ; Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran dan melakukan bimbingan dan latihan serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik diperguruan tinggi. Pengembangan sumber daya dosen melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan wawasan diharapkan dapat meningkatkan kualifikasi tenaga dosen sekaligus memiliki kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menunjang penyelenggraan Tri Dharma Perguruan tinggi sebagai tolok ukur pendidikan diperguruan tinggi. Penelitian ini hanya berfokus penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran di Lingkungan Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara Penelitian ini dimaksudkan pertama untuk mengkaji pengaruh pendidikan, pelatihan dan pengembangan wawasan dosen terhadap pengembangan sumber daya dosen pengaruh kedalaman materi kuliah, penguasaan materi kuliah dan metode mengajar yang diterapkan terhadap pengetahuan mengajar dosen; pengaruh kemampuan menyampaikan materi, kemampuan menjelaskan materi dan kemampuan mengimplementasikan materi terhadap keterampilan mengajar dosen; dan pengaruh kognitif, efektif dan konatif dosen terhadap sikap dosen atas profesinya sebagai tenaga pendidik. Kedua, untuk mengkaji pengaruh langsung antar variabel laten yakni variabel pengembangan sumber daya dosen, variabel pengetahuan mengajar dosen, keterampilan mengajar dosen, varibel sikap dosen dan variabel kinerja dosen bidang pendidikan dan pengajaran di lingkungan Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara. Ruang lingkup penelitian bidang pendidikan dan pengajaran dosen. Manfaat dari penelitian sebagai sumbangan pemikiran ilmiah dalam pengembangan sumber daya dosen di lingkungan Universitas Haluoleo Kendari dan sebagai bahan masukan/ informasi dalam upaya pengembangan sumber daya dosen diperguruan tinggi masing-masing. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Cara pengumpulan data melalui media kuesioner. Unit analisis adalah dosen tetap yang telah memiliki pangkat/golongan III/b Master dan III/c non master hingga Pangkat / golongan Pembina utama IV/e dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan secara cross section dan data sekunder. Penarikan sampel untuk dosen dilakukan dengan cara cluster dimana dosen dikelompokkan berdasarkan fakultas dan mahasiswa secara acak dengan kategori mahasiswa aktif kuliah, mahasiswa aktif bimbingan dan mahasiswa penasehat akademik dosen yang bersangkutan dengan jumlah sampel untuk dosen sebanyak 200 dosen dan mahasiswa sebanyak 340 mahasiswa. Model penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengujian hipotesis dengan menggunakan alat statistik AMOS 4.0 Hasil penelitian baik secara parsial maupun secara simultan antar variabel adalah terdapat pengaruh langsung dan positif variabel pengembangan sumber daya dosen terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap dosen bidang pendidikan dan pengajaran. Demikian pula pengetahuan, keterampilan dan sikap dosen mempunyai pengaruh langsung dan positif terhadap kinerja dosen bidang pendidikan dan pengajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan kajian ini, kesimpulan dari kajian ini adalah pengembangan sumber daya dosen dengan indikator pendidikan, pelatihan dan pengembangan wawasan mempunyai pengaruh langsung dan positif terhadap peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan dan sikap dosen dalam proses belajar mengajar. Demikian pula pengetahuan dosen dengan indikator kedalaman materi, penguasaan materi dan metode mengajar, keterampilan mengajar dengan indikator menyampaikan materi, menjelaskan materi dan implementasi materi , Sikap dosen dengan indikator kognitif, afektif dan konatif sangat berpengaruh baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh langsung dan positif terhadap kinerja dosen dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Berdasarkan hasil kesimpulan maka penulis menyarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang Tri Dharma perguruan tinggi secara menyeluruh yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta perlu dikembangkan model variabel-variabel tidak langsung yang mempengaruhi Tri Dharma perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 08/06 Yus p
Uncontrolled Keywords: Lecturer resource development, knowledge, skill, attitude and performance of lecturers in the field of education and teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB2165-2278 Teacher training in universities and colleges
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Abdul Razak Yusuf, 090214864UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Sulasmi, Dr. Psi., Msc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Jun 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item