PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SERTA UKURAN DEWAN DIREKSI TERHADAP MANAJEMEN LABA (PENELITIAN PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN TERBUKA INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA)

Jenny Morasa, 090214813 M (2005) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SERTA UKURAN DEWAN DIREKSI TERHADAP MANAJEMEN LABA (PENELITIAN PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN TERBUKA INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-morasajenn-690-tea19-05.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-morasajenn-690-tea19-05.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen laba merupakan salah satu masalah keagenan yang terjadi karena adanya pemisahan antara pemegang saham dan manajemen perusahaan. Tindakan manajemen laba secara otomatis juga akan mempengaruhi laba yang dilaporkan, karena dengan adanya perilaku merekayasa ini laba tidak akan mencerminkan kinerja ekonomi perusahaan yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran dewan direksi terhadap manajemen laba pada perusahaan — perusahaan terbuka industri manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Adapun permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan ukuran dewan direksi secara parsial dan secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ), pada periode tahun 1999 — 2003, menerbitkan laporan keuangan dan tidak delisring selama periode pengamatan penelitian, laporan keuangan tahunan sudah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan pendapat unqualified, dan memiliki data mengenai kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan jumlah dewan direksi_ Sampel yang digunakan berjumlah 55 perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampel sederhana secara acak-dari populasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa regresi linier berganda. Uji t untuk menguji pengaruh masing — masing variabel independen dan uji F untuk menguji pengaruh variabel independen secara bersama — sama terhadap variabel dependen. Hasil analisa regresi tinier berganda, uji t membuktikan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan ukuran dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba_ Fiji F membuktikan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran dewan direksi secara bersama — sama berpengaruh signifikan terhadap rnanajemen laba.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 19/05 Mor p
Uncontrolled Keywords: Managerial ownership, institutional ownership. size of board directors, earning management
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
T Technology > TS Manufactures > TS1-2301 Manufactures
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Jenny Morasa, 090214813 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Tjahjadi, Dr.,MBA.,AkUNSPECIFIED
ContributorWiwiek Dianawati, Dra.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 10 Aug 2016 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item