DAMPAK KONVERSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI PETANI Studi di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

Iva Yulianti Umdatul Izzah, 090014113 M (2005) DAMPAK KONVERSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI PETANI Studi di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-izzahivayu-694-ts1006-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35774.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ingin menjawab masalah tentang bagaimana dampak konversi lahan pertanian terhadap kehidupan sosial dan ekonomi petani. Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi data dan fakta empirik, fenomena-fenomena sosial yang menjelaskan dampak konversi pada lahan pertanian di wilayah pedesaan. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan kajian dengan menggunakan beberapa teori dan konsep. Teori dan konsep yang digunakan adalah moral ekonomi petani, pembangunan pertanian, petani rasional, dinamika sosial ekonomi pedesaan, dualisme ekonomi serta perubahan sosial. Subyek penelitian atau informan dalam penelitian ini adalah petani, aparat pemerintahan desa dan kecamatan serta tokoh masyarakat setempat, yang terdiri dari 16 orang. Penentuan informan yang dilakukan disesuaikan dengan kecukupan data yang digali. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo dengan pertimbangan bahwa di daerah tersebut telah terjadi konversi lahan pertanian yang luas dan sangat mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya. Karena penelitian ini merupakan studi kasus, maka peneliti harus mementingkan kedalaman dan keutuhan (holistik). Karma itu dilakukan deskripsi mendalam untuk mengetahui konteks atau situasi yang ada di lapangan. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari lokasi penelitian dengan mengumpulkan data-data empiris dari gejala-gejala sosial yang terjadi serta mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya menyangkut tema yang diangkat. Untuk memperoleh data primer dilakukan pengamatan terlibat, wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara (indepth interview). Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelusuran bahan bacaan berupa buku, jurnal, Surat kabar, artikel, berbagai hasil penelitian terkait serta dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konversi lahan pertanian momiliki dampak yang besar terhadap kehidupan sosial dan ekonomi petani. Dampak sosial antara lain perubahan solidaritas petani, perubahan keberagamaan, perubahan hubungan dalam keluarga, perubahan interaksi antar anggota masyarakat, munculnya kaum spekulan, migrasi petani serta pergeseran pekerjaan petani ke bidang non pertanian. Sedangkan dampak ekonomi adalah perubahan pola konsumsi petani serta perubahan pendapatan petani dari sektor pertanian ke non-pertanian. Adanya dampak-dampak tersebut menyebabkan timbulnya kesenjangan diantara kelompok petani dan munculnya kapitalis baru di desa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 10/06 Izz d
Uncontrolled Keywords: Conversion farmland, farmer, impact, social, economy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
T Technology > TX Home economics > TX1-1110 Home economics
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu ilmu Sosial
Creators:
CreatorsEmail
Iva Yulianti Umdatul Izzah, 090014113 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDoddy Sumbodo Singgih, Drs.,MSUNSPECIFIED
ContributorIda Bagus Wirawan, Drs.,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item