AKIBAT HUKUM PEMBATASAN JANGKA WAKTU SURAT KUASA MEMBEBANI HAK TANGGUNGAN

Niluh Elita Mahariany, 030310323 N (2005) AKIBAT HUKUM PEMBATASAN JANGKA WAKTU SURAT KUASA MEMBEBANI HAK TANGGUNGAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-maharianyn-782-tmk75-05.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan uraian bab-bab terdahulu, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: a.Bahwa akibat-akibat hukum yang mungkin terjadi akibat pembatasan jangka waktu SKMHT selama ini antara lain adalah : Pertama, Kreditur tidak bisa memperoleh hak terhadap agunan, terutama jika sewaktu-waktu terjadi suatu overmach (keadaan yang memaksa di luar kemampuan), seperti debitur meninggal dunia atau tidak berada di tempat domisili (luar negeri); Kedua, adanya tindak pidana Pemalsuan (pasal 416 KUHP) yang dilakukan oleh Notaris/PPAT, yaitu menyiasati dengan mengosongkan sementara waktu tanggal penandatangan SKMHT; Ketiga, terjadi tindak pidana Penipuan (pasal 378 KUHP) yang dilakukan Well Notaris/PPAT. b.Bahwa upaya - upaya para pihak dalam mengatasi akibat-akibat hukum yang timbul akibat pembatasan jangka waktu SKMHT, adalah : Pertama, upaya Pihak Perbankan, yaitu dengan mengidentifikasi terhadap harta yang diagunkan, dan mengharuskan adanya rekomendir bagi debitur dalam pengajuan kredit; Kedua, upaya Pihak Notaris/PPAT, yaitu dengan melakukan upaya dalam rangka untuk memudahkan sekaligus antisipatif terhadap kemungkinan timbul persoalan yang merugikan pihak-pihak di kemudian hari, seperti tidak menetapkan tanggal yang pasti penandatanganan SKMHT; Ketiga, upaya Pihak Debitur, yaitu dengan memperhatikan dengan seksama mengenai pencantuman tanggal penandatanganan Aide Notaris/PPAT yang dibuat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 75/05 Mah a tidakl ada abstrak
Uncontrolled Keywords: DEBTS, EXTERNAL - LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations > K840-917 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Niluh Elita Mahariany, 030310323 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEman Ramelan, SH.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Aug 2016 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item