ANALISIS HUBUNGAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL : Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Agidah Filsafat IAIN Sunan Ampel Surabaya

M. Asnawi Sabil, 090114383 (2005) ANALISIS HUBUNGAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL : Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Agidah Filsafat IAIN Sunan Ampel Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-sabilmasna-819-tps28-06.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-sabilmasna-819-tps28-06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketika komprehensi ilmiah tentang kecerdasan emosional dirilis Daniel Goleman pada tahun 1995, muncul paradigma baru di dalam lingkungan pendidikan tentang kecerdasan. Di satu sisi, emosi yang sebelumnya dipandang sebagai masalah individual dan tidak ada kaitan dengan nalar, berhasil dibuktikan peran pentingnya dalam proses hubungan perilaku dan otak. Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat, ketekunan, kemampuan memotivasi diri, bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan mengendalikan dorongan hati, kemampuan menyelesaikan konflik, serta kemampuan memimpin. Media massa, di sisi lain, merupakan `lokasi' yang berperan menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan, sebagai wahana masyarakat. Osgood, et.al (1957) yang dikutip Fulton (1970) menjelaskan bahwa citra yang dibangun media massa dapat dideskripsikan menjadi tiga ukuran yang independen, yaitu: evaluasi, potensi, dan aktivitas. Jenis media massa telah menjadi sumber dominan bagi individu maupun masyarakat untuk memperolch gambaran dan citra diri. Media massa memiliki peran transformatif dan menjadi piranti pendidikan yang efektif Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara jenis media massa dengan kecerdasan emosional mahasiswa Jurusan Aqidah Filfasat Fakultas Usluluddin lAIN Sunan Ampel Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan pengambilan data secara cross sectional. Besar sample yang digunakan adalah 90 Orang mahasiswa. Variable babas penelitian adalah jenis media massa yang dibedakan atas majalah dan koran, televisi dan radio, majalah, koran, televisi dan radio. Sedangkan variable tergantung adalah kecerdasan emosi. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square pada alpha 0,05. Hasil tabulasi silang rnenunjukkan bahwa untuk responden yang mempunvai kecerdasan emosi rendah sebagian besar media yang digunakan adalah televisi dan radio, sedangkan responden dengan kecerdasan emosi sedang sebagian besar membaca majalah, knran, televisi dan radio. Kelompok responden yang mempunyai keeerdasan emosi tinggi sebagian besar membaca majalah, koran, menyaksikan televisi serta mendengarkan radio. Hasil uji Chi square menunjukkan ada hubungan atau perbedaan proporsi antara tingkat kecerdasan emosi dengan masing masing jenis media yang dikonsumsi mahasiswa jurusan Aqidah Filsafat Fakultas tlshuluddin IAN Sunan Ampel Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 28/06 Sab a
Uncontrolled Keywords: Mass media, Emotional intelligence, Chi square
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Q Science > Q Science (General) > Q335 Artificial intelligence
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. Asnawi Sabil, 090114383UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHariadi Soeparto, Dr.,dr.,DOR.,M.Sc.,APUUNSPECIFIED
ContributorJusuf Irianto, Drs.,H.,M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Aug 2016 02:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item