PENGARUH ENVIRONMENTAL STRESSORS DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERATOR TERHADAP PRODUKTIFITAS PENGEMUDI TAKSI BOSOWA

MUHAMMAD IHSAN, 090110175 L (2004) PENGARUH ENVIRONMENTAL STRESSORS DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERATOR TERHADAP PRODUKTIFITAS PENGEMUDI TAKSI BOSOWA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-ihsanmuham-825-tps1406.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-ihsanmuham-825-tps1406.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada zaman yang modern ini, di kota-kota besar dengan ritme kerja yang cepat, serba menuntut, dan amat kompetitif, merupakan tantangan yang menarik sekaligus menjadi sumber stress yang berat, sehingga dapat dikatakan tidak ada orang yang bisa lepas sama sekali dari rasa was-was, cemas, ketegangan perasaan atau stress yang selalu terjadi atau muncul dalam lingkungan pekerjaan, pergaulan sosial bahkan dalam kehidupan rumah tangga. Penelitian ini mengungkap tingkat Environmental Stressors dikalangan pengemudi Taksi Bosowa, dimana banyak hal yang menyehabkan stres meningkat, diantaranya kemacetan lalu lintas, persaingan diantara penyedia jasa angkutan baik dari perusahaan lain dan rekan kerja, banyaknya pungutan liar yang sering dijumpai didaerah- daerah strategis hingga kejahatan yang tidak jarang mengencam harta maupun jiwa para. pengemudi, selain itu jumlah setoran/ target dari majikan, ditambah lagi tuntutan dari keluarga akan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi. Semua ini merupakan sumber stres. Berdasarkan latar helakang masalah tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini pertama, Environmental stressor memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap produktivitas pengemudi Taksi Bosowa.Kedua, Locus of Control merupakan variabel moderator yang dapat menguatkan atau melemahkan secara signifikan pada hubungan Environmental stressor dengan produktivitas pengemudi Taksi Bosowa Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program statistik SPSS Vers. 11.0 Berdasarkan jawaban responden terhadap item-item kuesioner didapatkan hasil analisis yakni Environmental stressor memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja dari pengemudi taksi Bosowa. Hal ini dapat diketahui dari data yang sudah diolah; diketahui nilai Thitung sebesar -4,291 dan signifikan dengan alpha 5% sedangkan hasil uji hipotesa kedua variabel moderator (XI X2) juga memiliki pengaruh yang dominant dan signifikan terhadap variabel tcrgantung. Dari temuan ini dapat diambil konklusi bahwa Locus of Control memegang peran kunci dalam mengontrol tingkat produktivitas yang dicapai oleh pengemudi taksi sehingga dimasa datang perlu ditingkatkan pencapaian Locus of Control internal sebagai salah satu kekuatan kinerja pengemudi taksi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPs 14/06 Ihs p
Uncontrolled Keywords: Employee Stress, Locus of Control ,Employee Performance,Moderatory Regression Analysis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD IHSAN, 090110175 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHaryono Suyono, Prof., MA, PhDUNSPECIFIED
ContributorFendy Suhariadi, DR., MScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Oct 2016 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item