PENGEMBANGAN MODEL BUDAYA ORGANISASI BERDASARKAN NILAI-NILAI INDIVIDU KARYAWAN DALAM PROSES PRODUKSI SIARAN PADA STASIUN TELEVISI JTV DI SURABAYA

Yuniawan Heru Santoso, 090310632 L (2005) PENGEMBANGAN MODEL BUDAYA ORGANISASI BERDASARKAN NILAI-NILAI INDIVIDU KARYAWAN DALAM PROSES PRODUKSI SIARAN PADA STASIUN TELEVISI JTV DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-santosoyun-847-tps27-06.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-santosoyun-847-tps27-06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan memerlukan strategi penyesuaian secara kultural dalam meraih tujuan. Perusahaan yang sukses, menaruh perhatian besar terhadap kultur tempat mereka bekerja. JTV merupakan sistem hubungan yang terstruktur antara sumber daya-sumber daya yang memungkinkan pencapaian tujuan tertentu. Dalam rangka memproduksi siarannya, JTV memberdayakan din untuk lebih sesuai dengan kultur yang digali pada tiap-tiap individu karyawan. Budaya perusahaan mempunyai pengaruh terhadap keefektifan suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang mempunyai budaya yang sesuai dengan strategi. Hal ini dapat meningkatkan komitmen karyawan terhadap perusahaan. Dalam hal ini, JTV dapat lebih percaya diri dalam memilih strategi in house production pada proses produksi siarannya. Berdasarkan karakteristiknya, ada penggunaan metafora tertentu dalam menjelaskan perbedaan budaya organisasi. Tipe pertama disebut budaya Zeus yang menonjolkan kekuaatan, patriarki, dan kelompok kultur. Tipe kedua dikenal sebagai budaya Apollo yang membentuk birokrasi hirarids. Ketiga, disebut dengan budaya Athena, yakni suatu format yang terdiri dan unit kerjasama berdasarkan keahlian. Sedangkan tipe keempat adalah budaya Dionysus. Suatu kelompok individu sependirian yang mengejar tujuan dari organisasi itu sendiri, dimana semua individu tampil penuh percaya diri. Dari keempat tipe budaya yang ada, ditentukan model budaya organisasi yang sesuai dengan komitmen JTV pada nilai-nilai tertentu dalam proses produksi siaran. Ada empat tingkat atau kategori nilai, yaitu nilai raga, nilai perilaku, nilai sikap, dan nilai jiwa atau pendirian. Nilai-nilai yang dikumpulkan dan masing-masing individu, diharapkan dapat menjadi perekat yang sesuai dengan kultur organisasi. Makin banyak anggota organisasi yang menerima nilai-nilai inti, makin besar komitmen mereka pada nilai-nilai itu dan makin kuat budaya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai individu yang selama ini dikembangkan karyawan dalam budaya organisasi JTV, khususnya pada saat proses produksi siaran berlangsung. Nilai-nilai individu yang terditeksi, dapat mengarah pada tipe budaya yang sesuai dengan produk sikap organisasi. Dalam penelitian ini, digunakan aplikasi database yang mampu mengolah data-data dan basil wawancara di lapangan, yaitu pada kegiatan produksi mum JTV. Kemudian, ditentukan tingkat kecenderungan dari keempat tipe budaya yang disajikan berdasarkan kontribusi tertinggi terhadap nilai-nilai individu yang dianut oleh karyawan JTV. Aplikasi database menentukan model budaya organisasi JTV. Penelitian menunjukkan haul bahwa model organisasi ITN mcrupakan kombinasi dan beberapa nilai-nilai yang membangun budaya Zeus, Apollo, maupun Dionysus, dengan tingkat kontdbusi tertinggi terhadap budaya Athena. Model budaya organisasi mengacu pada sistem makna beruama yang dianut masing-masing karakteristik budaya Zeus, Athena, Apollo, dan Dionysus. Tcrsusun atas nilai-nilai individu yang terdiri dan 6 nilai jiwa atau pendirian, 17 nilai sikap, 12 nilai penlaku, dan 7 nilai raga. Dalam rangka pengembangan model, penelitian ini berusaha merman perangkat sikap, nilai-nilai, keyakinan, dan perilaku yang dipegang oleh karyawan JTV. Penelitian ini berhasil merangkum pengembangan atas munculnya nilai-nilai lain dalam proses produksi siaran JTV. Filosofi dasar memberikan arahan bagi kebijakan organisasi dalam pengelolaan karyawan. Penelitian ini meletakkan filosofi lokal, nakal, masal sebagai pijakan. Nilai-nilai yang membangun budaya Zeus, Athena, Apollo, dan Dionysus dikembangkan menurut filosofi dasar dan 13 nilai lain yang ditemukan selama proses produksi Saran berlangsung. Pengembangan model budaya organisasi JTV disusun berdasarkan nilai-nilai individu karyawan. Sehubungan dengan sebuah filosofi dasar memberikan arahan bagi kebijakan organisasi dalam pengelolaan karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 27/06 San p
Uncontrolled Keywords: Individual values, Organization culture, Athena, Zeus, Apollo, Dionysus culture.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
Yuniawan Heru Santoso, 090310632 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarjo, Dr.,dr.,MS.,M.ScUNSPECIFIED
ContributorHariadi Soeparto, Dr.,dr.,DOR.,M.Sc.,APUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Aug 2016 04:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item