HUBUNGAN SIKAP DALAM KEGIATAN RAPAT DENGAN PERILAKU KOMUNIKASI RAPAT KARYAWAN ADMINISIRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURTABAYA

RATIH PUDJIASTUTI, 090210392 L (2005) HUBUNGAN SIKAP DALAM KEGIATAN RAPAT DENGAN PERILAKU KOMUNIKASI RAPAT KARYAWAN ADMINISIRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURTABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-pudjiastut-852-kkbkk--k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-pudjiastut-852-tps080-h.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karyawan administrasi merupakan karyawan yang berperan untuk menjamin kelancaran kerja karena kualitas organisasi harus ditunjang oleh kegiatan administrasi yang baik. Permasalahan yang timbul selama ini adalah tidak lancarnva saluran komunikasi antara atasan dan bawahan. Ketidaklancaran atau kemandekan ini merupakan salah satu yang menyebabkan bawahan tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Tidak pahamnya bawahan terhadap perintah atasan dan bawahan tidak mempunyai keberanian untuk mengatakannya akan menjadikan bawahan menginterprestasikan perintah tersebut sesuai dengan kemampuannya sendiri. Salah satu upaya untuk mempertemukan pikiran antara pimpinan dan bawahan dalam satu meja adalah kegiatan rapat. Dalam rapat diharapkan terjadi komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan arah pembicaraan, nada pembicaraan, jenis pembicaraan, topic pembicaraan, lama pembicaraan, dan frekuensi pembicaraan terhadap sikap responden. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional. Besar sample yang digunakan adalah 20 orang karyawan administrasi. Data penelitian perilaku komunikasi dikumpulkan dengan cara observasi dan data sikap dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square. Penelitian tentang perilaku komunikasi menunjukkan bahwa macam perilaku komunikasi yang terdiri dari arah pembicaraan, nada pembicaraan, jenis pembicaraan, topik pembicaraan, lama. pembicaraan, dan frekuensi pembicaraan dilakukan pada 20 responden pada 2 kali rapat yang diadakan. Hasil penelitian menunjukkan diantara perilaku responden yang menunjukkan tidak ada hubungan adalah frekuensi pembicaraan, lama pembicaraan dengan sikap, sedangkan yang menunjukkan ada hubungan adalah arah pembicaraan, nada pembicaraan, jenis pembicaraan, topik pembicaraan dengan sikap. Acara rapat merupakan acara yang menjadi penentu dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan. Oleh karena itu perlu sikap positif dari seluruh peserta rapat. Sikap positif dapat terwujud apabila ada kesadaran dari seluruh peserta rapat dan diperlukan situasi yang kondusif yang dapat dikendalikan oleh pimpinan rapat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TPS 08 06 Pud h
Uncontrolled Keywords: organizational behavior, frequency of speech, length of speech, attitude.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
RATIH PUDJIASTUTI, 090210392 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHariyadi Soeparto, Dr.,H.,dr.,DOR.,M.Sc.,APUUNSPECIFIED
ContributorJusuf Irianto, drs.,M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Aug 2016 09:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item