PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DI DUNIA USAHA / INDUSTRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 SINGARAJA

PUTU AGUS MAYUNI, 090315150 M (2005) PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DI DUNIA USAHA / INDUSTRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 SINGARAJA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-mayuniputu-1770-tps5706.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35996.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan Sistim Ganda diilhami dari konsep keterkaitan dan kesepadanan mengisyaratkan bahwa sekolah menengah kujuruan harus dirancang dan dilaksanakan dalam kaitan yang harmonis dan selaras dengan aspirasi dan kebutuhan yang tumbuh dan berkembang di dunia kerja, sehingga hasilnya akan benar-benar sesuai dengan tuntutan kebutuhan yang dirasakan oleh masyarakat. Dalam Pelaksanaan PSG pihak sekolah diharuskan untuk menjalin kerjasama yang erat dengan dunia usaha/industri dalam rangka mengajak keterlibatan dunia usaha /industri dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang dimaksud. Sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di dunia usaha/industri, ditinjau dari proses pendidikan di dunia usaha/industri terhadap peningkatan keterampilan bidang keahlian Tata Busana, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Singaraja Program Studi Tata Busana . Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbandingan kelompok, yaitu kelompok yang belum melaksanakan PSG di dunia usaha/industri selanjutnya dilakukan pengukuran, hasil dari pengukuran ini kemudian di bandingkan dengan hasil pengukuran pada kelompok yang sudah melaksanakan PSG di dunia usaha/industri.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Singararaja kelas II berjumlah 13 orang dan siswa kelas III berjumlah 19 orang Jumlah populasi seluruhnya adalah 32 orang maka dari itu seluruh populasi yang ada dijadikan sampel penelitian.Analisis data menggunakan uji t (t tes) Hasil pengujian secara deskriptif penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan siswa kelas III yang sudah melaksanakan PSG di dunia usaha/industri dan siswa kelas II yang belum melaksanakan PSG di dunia usaha/industri, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor untuk kelas III lebih tinggi dibandingkan kelas II. Selanjutnya menurut hasil uji t data separated menunjukkan nilai signifikansi 0.036 (p < 0.05), tingkat signifikansi uji t < 0,05 maka hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan yaitu antara siswa kelas III yang sudah melaksanakan PSG di dunia usaha/industri dengan siswa kelas II yang belum melaksanakan PSG di dunia usaha/industri.Adanya peningkatan keterampilan juga mengandung arti adanya pengaruh PSG di dunia usaha/industri, ditinjau dari proses pendidikan di dunia usaha/industri terhadap peningkatan keterampilan bidang keahlian Tata Busana, siswa SMKN 2 Singaraja Program Studi Tata Busana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 57/06 May p
Uncontrolled Keywords: Dual educational system, educational process, business/industry world, vocational education, increased skills
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
PUTU AGUS MAYUNI, 090315150 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Kardjati, Prof.,Dr.,dr.,M.ScUNSPECIFIED
ContributorIB Wirawan, Drs.,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 09 Jul 2017 23:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item