Analisis Perilaku Konsumen Dalam Upaya Meningkatkan Persalinan Konsumen yang Ante Natal Care di Rumah Bersalin Bunda Surabaya

Handini, 090210446 L (2005) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Upaya Meningkatkan Persalinan Konsumen yang Ante Natal Care di Rumah Bersalin Bunda Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-handini-1776-tka4206.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
36002.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di dalam era persaingan yang ketat, dimana di lingkungan sekitar banyak didirikan tempat pelayanan kesehatan baru, yang memberikan banyak pilihan kepada masyarakat, maka RB Bunda Surabaya diharapkan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar dapat bertahan, bersaing dan mempertahankan pasar yang sudah ada serta memenangkan persaingan tersebut. Salah satu indikator kepercayaan masyarakat terhadap RB Bunda adalah kembalinya konsumen dalam penggunaan pelayanan yang diberikan di RB Bunda. Adapun pelayanan yang diberikan adalah pemeriksaan kehamilan atau disebut juga ANC, persalinan, KB dan imunisasi. Dari konsumen yang melakukan ANC dapat dihitung tafsiran persalinannya. Dari tanggal tafsiran persalinan dapat diprediksi berapa jumlah persalinan dalam bulan tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh memperlihatkan bahwa jumlah persalinan yang berasal dari konsumen yang ANC tidak pernah mencapai 60%. Hal ini tidak sesuai dengan target manajemen yang mengharapkan persalinan dari konsumen yang ANC sebesar 75%. Sehingga masalah penelitian ini adalah masih rendahnya persalinan oleh konsumen yang ANC dari estimasi persalinan di RB Bunda Surabaya. Adapun tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumen dalam upaya meningkatkan persalinan konsumen yang ANC di RB Bunda Surabaya. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi perilaku konsumen yang ANC di RB Bunda Surabaya, (2) Memformulasikan rekomendasi dalam upaya meningkatkan persalinan konsumen yang ANC di RB Bunda Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian perilaku konsumen yang ANC di RB Bunda Surabaya yang diestimasikan persalinannya pada bulan Agustus, September dan Oktober 2005 secara cross sectional di RB Bunda Surabaya terhadap 90 responden. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui adanya beberapa isu strategic yang berpengaruh terhadap rendahnya angka persalinan dari konsumen yang ANC di RB Bunda Surabaya adalah sebagai berikut (1) Perilaku konsumen yang ANC di RB Bunda Surabaya adalah perilaku konsumen tipe Brand Royalty. Dimana pada perilaku konsumen ini terdapat penggunaaan berulang dari tempat persalinan dan dalam proses keputusannya memerlukan keterlibatan tinggi. Demikian pula pada konsumen ANC yang memutuskan untuk bersalin di RB Bunda maupun yang memutuskan untuk tidak bersalin di RB Bunda, keduanya termasuk perilaku konsumen tipe Brand Royalty, (2) Dimensi kepuasan yang rendah terhadap tangible Bidan, (3)Dimensi kepuasan yang rendah terhadap tangible fasilitas ruangan dan alat medis. Isu strategis ini didiskusikan dalam Focus Group Discusion bersama manajemen RB Bunda. Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian dan diskusi kelompok ini didapatkan suatu hasil yang akan direkomendasikan untuk menyusun upaya meningkatkan persalinan ibu hamil yang ANC di RB Bunda Surabaya, antara lain berupa (1) Membuat berbagai program yang mengikutsertakan konsumen dan keluarga , membuat paket menarik persalinan dengan harga yang sangat kompetitif dan keuntungan fasilitas yang akan dinikmati oleh konsumen, serta meningkatkan komunikasi antar petugas dan konsumen, (2) Mengecat ulang ruang rawat inap dan rawat jalan , khususnya ruang rawat inap kelas tiga serta memperbaiki atau mengganti perabot yang rusak atau berkesan lama serta menjadikan konstruksi RB Bunda sebagai keunggulan, (3) Meninjau ulang seragam petugas agar tidak terlalu banyak warna dan mempertegas aturan pemakaian seragam petugas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK KKC TKA 42/06 Han a
Uncontrolled Keywords: consumer behavior, Ante Natal Care mothers
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG651-721 Labor. Parturition
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
Handini, 090210446 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRika SUbarniati, Prof.,Dr.,dr.,SKMUNSPECIFIED
ContributorSetya Haksama, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 09 Jul 2017 23:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item