PENGARUH IMBALAN EKSTRINSIK, IMBALAN INTRINSIK DAN PENEMPATAN TERHADAP KOMITMEN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PADA PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA

I MADE BUDIASA, 090210357 L (2005) PENGARUH IMBALAN EKSTRINSIK, IMBALAN INTRINSIK DAN PENEMPATAN TERHADAP KOMITMEN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PADA PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-budiasaima-1790-te39_06.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
36015.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Otonomi Daerah mengisyaratkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk dapat mengurus rumah tangga daerahnya sendiri serta menyelenggarakan pemerintahan secara berdayaguna dan berhasil guna. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan peningkatan profesionalisme aparatur Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Satuan Polisi Pamong Praja sebagai salah satu unsur aparatur Pemerintah Kabupaten Jembrana berfungsi untuk menegakkan kewibawaan Pemerintah Kabupaten Jembrana serta menyelenggarakan kegiatan pengawasan, penertiban terhadap produk-produk hukum Pemerintah Daerah, sehingga terwujud Kabupaten Jembrana yang tertib dan aman sebagai landasan untuk membangun daerah. Untuk dapat merwujudkan hal tersebut, diperlukan adanya komitmen Satuan Polisi Pamong Praja terhadap Pemerintah Kabupaten Jembrana. Sehubungan dengan hal tersebut dicoba melakukan penelitian untuk mengetahui apakah kebijakan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia aparatur berpengaruh terhadap komitmen. Upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Jembrana terhadap Satuan Polisi Pamong Praja adalah berusaha meningkatkan kepuasan kerja , antara lain melalui pemberian imbalan ekstrinsik yang sesuai dengan kemampuan keuangan Pemerintah Kabupaten Jembrana. Sedangkan imbalan intrinsik akan dirasakan dari atau melekat pada aktifitas yang dilaksanakannya. Kebijakan lain yang juga telah dilaksanakan adalah penempatan pegawai dalam jumlah yang cukup besar sebagai akibat adanya perampingan struktur organisasi sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tabun 2003 . Satuan Polisi Pamong Praja merupakan salah satu unit yang justru banyak menerima penempatan pegawai baru pada saat ini. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah imbalan ekstrinsik, imbalan intrinsik dan penempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen Satuan Polisi Pamong Praja pada Pemerintah Kabupaten Jembrana dan diantara variabel-variabel imbalan ekstrinsik, imbalan intrinsik dan penempatan, variabel manakah yang memberikan pengaruh dominan terhdap komitmen Satuan Polisi Pamong Praja pada Pemerintah Kabupaten Jembrana. Dari beberapa teori yang diuraikan pada tinjauan pustaka, maka disusun hipotesis bahwa imbalan ekstrinsik, imbalan intrinsik dan penempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen Satuan Polisi Pamong Praja pada Pemerintah Kabupaten Jembrana serta variabel imbalan intrinsik berpengaruh dominan terhadap komitmen. Hasil penelitian terhadap 129 resoponden dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jembrana menunjukkan bahwa imbalan ekstrinsik, imbalan intrinsik dan penempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen dan diantara variabel imbalan ekstrinsik, imbalan intrinsik dan penempatan, variabel yang berpengaruh dominan terhadap komitmen adalah imbalan intrinsik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 39/06 Bud p
Uncontrolled Keywords: Extrinsic Reward, Intrinsic Reward, Placement and the Commitment
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
I MADE BUDIASA, 090210357 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNuri Herachwati, Dra.,Ec.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 09 Jul 2017 23:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36015
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item