ANALISIS ORGANIZATIONAL JUSTICE (KEADILAN ORGANISASI) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI USAHA RUMAH MAKAN PT. ARYUDYA SURYA GEMILANG YOGYAKARTA

GUNARTI DWI LESTARI, 090315144 M (2005) ANALISIS ORGANIZATIONAL JUSTICE (KEADILAN ORGANISASI) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI USAHA RUMAH MAKAN PT. ARYUDYA SURYA GEMILANG YOGYAKARTA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-lestarigun-1864-tps440-k.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
36081.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan Kerja yang dialami oleh karyawan tidak hanya menghasilkan kinerja yang meningkat dan berkualitas, tetapi juga dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih giat dan lebih bersemangat, serta mendorong untuk berusaha mengembangkan diri sendiri. Keadilan organisasi ( Organizational Justice )adalah merupakan suatu faktor penting dalam menentukan perilaku dan sikap kerja yang akan berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan. Bagaimana seorang atasan memperlakukan bawahan, adil atau tidak, akan berpengaruh pada sikap dan perilaku bawahan sehingga menimbulkan rasa puas dan tidak puas. Keadilan organisasi dianggap sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan karyawan akan kondisi lingkungan kerja yang benar-benar kondusif yang berpengaruh pada perilaku dan sikap kerja yang lebih baik yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Organizational Justice ( Keadilan Organisasi ) terhadap kepuasan kerja karyawan di Usaha Rumah Makan PT.Aryudya Surya Gemilang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survey dan jenis penelitian eksplanatif ( Explanatory Research) yang menjelaskan pengaruh antara variabel bebas (Independent Variable ) dan variabel terikat ( Dependent Variable) melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan PT.Aryudya Surya Gemilang dengan jumlah 70 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang yang menjawab pernah diperlakukan adil dan tidak adil oleh perusahaan. Hasil penelitian diuji dengan regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel-variabel keadilan organisasi, yaitu keadilan procedural. distributif dan interaksional berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di PT.Aryudya Surya Gemilang Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai F sebesar 18,020 dengan signifikansi 0,000 ( p < 0,05 ). Saran yang dapat disampaikan bagi pengembangan penelitian selanjutnya adalah, hendaknya menggunakan variabel-variabel lain selain variabel keadilan organisasi untuk menyempurnakan penelitian ini. Keadilan Organisasi di PT Aryudya Surya Gemilang harus terus dipertahankan dalam rangka peningkatan kepuasan kerja karyawan. Pengembangan Sumber Daya Manusia di unit usaha yang bergerak di bidang jasa sebaiknya memperhatikan faktor-faktor keadilan organisasi yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawannya sebagai ujung tombak perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK-2 KKB TPS 44/06 Les a
Uncontrolled Keywords: organizational justice, job satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
GUNARTI DWI LESTARI, 090315144 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarjo, Dr.,dr.,MS.,M.ScUNSPECIFIED
ContributorFendy Suhariadi, Dr.,Drs.,PSi.,MTUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 10 Jul 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item