PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU, TELAAH KERTAS KERJA DAN SUPERVISI DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDITOR DI SURABAYA

MARIA VERONICA IRINE. H, 090310572 L (2005) PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU, TELAAH KERTAS KERJA DAN SUPERVISI DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDITOR DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-mariaveron-1905-tea10--6.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-mariaveron-1905-tea10--6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kantor Akuntan Puhlik nrcngalami konf1ik antara bisnis dan profesi auditing, dalam literatur situasi ini disebut cost quality conflict. Konflik ini memungkinkan timbulnya perilaku disfungsional auditor. Penelitian ini niempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku disfungsional auditor. Faktor-faktor tersebut yaitu tekanan anggaran waktu, telaah kertas kerja dan supervise Perilaku disfungsional tcrcermin dari premature sign-of; under-reporting of time clan audit quality rcduction behaviour. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh pemahaman mengenai perilaku disfungsional auditor dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bagi kantor akuntan publik, dapat memberikan masukan dalam mepertimbangkan akibat adanya tekanan anggaran waktu sebagai konsekuensi persaingan diantara kantor akuntan publik dan telaah kertas kerja serta supervisi sebagai alat pcngendali kualitas audit. Hasil pengujian dengan regresi linier sederhana menyimpulkan bahwa tekanan anggaran waktu dan supervisi berpengaruh terhadap perilaku disfungsional premature sign off under-reporting of time dan audit quality reduction behavior, sedangkan telaah kertas kerja berpengaruh terhadap perilaku disfungsional premature sign oil dan audit quality reduction behavior. Keterbatasan penelitian ini adalah teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang dikirim kepada responden sehingga tidak memungkinkan peneliti untuk memberi penjelasan atas pertanyaan dan memberikan pertanyaan lebih lanjut untuk jawaban responden. Untuk penelitian selanjutnya dapat menguji faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi perilaku disfungsional serta mengembangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara terhadap responden. Saran yang dapat diberikan adalah kantor akuntan publik harus memperhatikan tekanan anggaran waktu, telaah kertas kerja dan supervisi dalam cost-quality conflict.. Sedangkan bagi manajer dan supervisor sebaiknya memperhatikan efektifitas review kertas kerja dan supervisinya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 10./06 Mar p
Uncontrolled Keywords: Time budget pressures, working paper review, supervision, dysfunctional behavior
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARIA VERONICA IRINE. H, 090310572 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof. Dr., SE., Ak., CPAUNSPECIFIED
Thesis advisorNoorlailie Soewarno, Dr.,MBA.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item