ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENGGUNA INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KESUKSESAN SISTEM INFORMASI PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH KALIMANTAN SELATAN DAN KALIMANTAN TENGAH

NURUL ISNANI, 090110228 L (2005) ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENGGUNA INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KESUKSESAN SISTEM INFORMASI PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH KALIMANTAN SELATAN DAN KALIMANTAN TENGAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-isnaninuru-1907-tea05--6.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-isnaninuru-1907-tea05--6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi merupakan salah satu alternatif yang sangat diandalkan untuk penyelenggaraan sistem yang benar-benar mampu mendukung dunia usaha untuk menghadapi tantangan yang semakin ketat. Hal ini mengharuskan manajemen memikirkan berbagai daya upaya agar operasional perusahaan dan kegiatan bisnis lainnya bisa dilakukan dengan kendali yang efektif dan efisien. Penggunaan komputer dan sistem informasi berdasarkan komputer pada saat ini telah banyak digunakan untuk mendukung peningkatan efisiensi dan efektifitas pekerjaan melalui peningkatan terpenuhinya kebutuhan informasi. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang. Sedangkan kesuksesan sistem informasi ini didukung adanya pengguna yang memiliki keahlian dalam mengkomunikasikan penyelesaian masalah. Kepuasan dari pengguna informasi ini dapat dijadikan tolok ukur dari kesuksesan suatu sistem informasi. Dalam mengembangkan sistem informasi, partisipasi pengguna membawa dampak yang sangat baik bagi organisasi. Hal ini dapat terjadi karena secara langsung pengguna terlibat dengan penggunaan informasi. Informasi sendiri pada dasarnya menjadi satu hal penting bagi manajemen, karena terkait erat dengan kinerja managerial. Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan partisipasi pengguna informasi berpengaruh terhadap kesuksesan sistem informasi pada PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, partisipasi pengguna informasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dan partisipasi pengguna informasi melalui kesuksesan sistem informasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Responden diambil dari level manager dengan pertimbangan bahwa mereka terkait erat dengan informasi dan pengambilan keputusan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan moderated regression analysis dan diolah secara statistik dengan menggunakan SPSS Ver. 10.01. Hasil pengelolaan dengan SPSS Berdasarkan basil pengolahan data dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Ada pengaruh partisipasi pengguna informasi terhadap kesuksesan sistem informasi. Besarnya pengaruh partisipasi pengguna informasi terhadap kesuksesan sistem informasi sebesar 60,6% Ada pengaruh partisipasi pengguna informasi terhadap kinerja manajerial. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 93.6 %, dengan demikian besarnya kontribusi variabel lain yang berpengaruh pada kinerja manajerial 6.4 % Ada pengaruh partisipasi pengguna informasi melalui kesuksesan sistem informasi terhadap kinerja manajerial. Besarnya pengaruh dua variabel tersebut adalah 97.4 % sedangkan faktor lain yang berpengaruh hanya 2.6 %.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2TEA 05 /06 Isn a
Uncontrolled Keywords: User information participation, information system success, managerial performance, moderated regression analysis.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
NURUL ISNANI, 090110228 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYustrida Bernawati, Dra.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
ContributorSri Iswati, Dr.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Jun 2017 22:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item