PENYELUNDUPAN HUKUM TERHADAP PRINSIP NASIONALITAS DALAM JUAL BELL HAK MILIK ATAS TANAH

LIDYA SISKAWATI WIJAYA, 030410440 N (2006) PENYELUNDUPAN HUKUM TERHADAP PRINSIP NASIONALITAS DALAM JUAL BELL HAK MILIK ATAS TANAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-wijayalidy-2074-tmk500-k.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-wijayalidy-2074-tmk_50_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyelundupan hukum terhadap prinsip nasionalitas dalam jual beli hak milik atas tanah dilakukan oleh orang asing dengan cara meminjam nama seorang WNI untuk bertindak selaku pembeli hak milik atas tanah, yang uang pembelian tanahnya berasal dari orang asing tersebut. Untuk menjamin kedudukan orang asing tersebut, WNI yang dipinjam namanya diikat dengan perjanjian hutang dengan jaminan yang dibuat secara notariil. Dalam perjanjian hutang dengan jaminan itu disebutkan bahwa WNI tersebut telah berutang kepada orang asing yang bersangkutan dengan jumlah utang senilai harga hak atas tanah serta dengan jaminan berupa sebidang tanah dengan status Hak Milik tersebut. Selanjutnya, WNI yang dipinjam namanya itulah yang kemudian membeli hak milik atas tanah yang bersangkutan dari WNI pemilik tanah. Jual beli tanah antara WNI yang dipinjam namanya dengan WNI selaku pemilik tanah kemudian dituangkan dalam akta jual beli yang dibuat dihadapan PPAT yang wilayah kerjanya meliputi wilayah tanah yang dijual terletak. Secara teoritik, akibat hukum terjadinya penyelundupan hukum terhadap prinsip nasionalitas dalam jual beli hak milik atas tanah, antara lain meliputi jual belinya batal demi hukum, tanahnya karena hukum jatuh kepada negara dan kepada bekas pemilik tidak diberikan ganti rugi. Namun secara praktik, akibat hukumnya adalah dapat dimilikinya hak-hak atas tanah Indonesia oleh orang asing secara terselubung.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.50/06 Wij p
Uncontrolled Keywords: Penyelundupan hukum; nasionalitas; jual beli; hak milik; tanah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K720-792 Property
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LIDYA SISKAWATI WIJAYA, 030410440 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Sri Hajati, Prof. Dr. S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 16:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item