PERUBAHAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURABAYA

Sami'an, 090315175 M (2005) PERUBAHAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-samian-3367-psycoco-6.pdf

Download (992kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh persoalan tentang penilaian kinerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya yang belum memberikan manfaat seperti halnya tujuan dari diadakannya penilaian kinerja pegawai. Hasil penilaian kinerja yang seharusnya bisa dijadikan sarana umpan balik bagi pihak manajemen dan pegawai, namun yang terjadi pada kenyataannya karena hasil penilaian kinerja justru menimbulkan rasa ketakutan dan protes dari pegawai ketika menjelang dilaksanakannya penilaian kinerja. Permasalahan penilaian kinerja di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Ketika Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya menggunakan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) sebagai alat untuk menilai kinerja pegawaianya tidak bisa membedakan pegawai yang kinerjanya baik dan yang kurang baik, karena dengan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) semua pegawai bisa mendapatkan penilaian yang baik. Berangkat daripersoalan ini, selanjutnya pihak manajemen merancang sistem penilaian kinerja yang baru sebagai pengganti Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3), namun hal ini justru menimbulkan gejolak pada pegawai. Diduga ada empat faktor penyebab persoalan tersebut yaitu: orang, metode atau instrumen penilaiankinerjanya itu sendiri, kebijakan manajemen, dan budaya organisasi yang ada di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya. Kajian ini akan mencoba merancang intervensi terhadap penilaian kinerja dari segi metode untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya. Pada awalnya ada enam alternatif metode penilaian kinerja yang bisa ditawarkan, yaitu: written essays, critical incidents, graphic rating scales (GRS), behaviourally anchored rating scales (BARS), multiperson comparison, managemen by objectives (MBO) namun akhirnya dipilih graphic rating scales (GRS) atas pertimbangan tujuan yang hendak dicapai dari penilaian kinerja pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya serta kondisi internal di Perusahaan Daerah Air Minum mengenai kemampuan sumber daya manusianya untuk menjalankan sistem yang akan disusun ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psycho corner 007/05 Sam p (ABSTRAK TIDAK ADA)
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEES – DISMISSAL OF ; PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Sami'an, 090315175 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCholichul Hadi, Dr., M.SiUNSPECIFIED
ContributorFendy Suhariadi, Dr., Drs., MTUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Jun 2017 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36224
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item