PROGRAM PENSIUN DINI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURABAYA

Citra Pharamidevie, 090315171 M (2005) PROGRAM PENSIUN DINI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
147. Abstrak Psycho corner 005-05 Pha p.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-pharamidev-3375-psycoco-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PDAM Kota Surabaya dalam usahanya meningkatkan pelayanan pada pelanggan dan mengembangkan organisasi, masih mempunyai sederet kelemahan dan sorotan negatif dari masyarakat Surabaya. Besarnya jumlah keluhan, tingkat kehandalan sistem produksi yang relatif rendah, tingkat kehandalan sistem distribusi yang kurang, tingkat kehilangan air yang cukup tinggi, cakupan layanan yang relatif kecil merupakan sebagian dari sederet masalah yang ada di perusahaan ini. Dengan banyaknya masalah dan keluhan tersebut dapat dikatakan bahwa kinerja PDAM Kota Surabaya masih belum optimal dan perlu untuk dicari penyebab dan alternatif penyelesaian masalahnya. Pegawai PDAM Kota Surabaya sebagai sumber daya manusia menjadi hal yang paling dominan dalam mewujudkan kinerja perusahaan. Dan berbagai sumber, didapatkan data dan informasi bahwa faktor kemampuan, motivasi dan lingkungan mempengaruhi ketidakoptimalan kinerja pegawai PDAM Kota Surabaya. Namun faktor ketidaksesuaian kualifikasi dan kuantitas pegawai PDAM Kota Surabaya menjadi faktor yang paling penting untuk diperhatikan. Surplus jumlah pegawai, besarnya jumlah kelompok usia dewasa madya dan ketidaksesuaian kualifikasi pegawai dengan kebutuhan perusahaan dapat diselesaikan dengan berbagai alternatif. Namun alternatif yang dipandang paling bertanggung jawab dan bersifat win-win solution adalah penawaran program pensiun dini dan dilanjutkan dengan program rekruitmen untuk mendapatkan pegawai bare dengan kualifikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Program rekrutmen telah dilaksanakan oleh PDAM Kota Surabaya beberapa waktu yang lalu, sehingga alternatif yang dipilih dalam tugas akhir ini adalah program pensiun dini. Program pensiun dini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan ketidaksesuaian kualifikasi dan kuantitas pegawai PDAM Kota Surabaya dan memberikan kesempatan kepada pegawai untuk memanfaatkan peluang usaha di usia yang masih produktif, dengan cara pemutusan hubungan kerja yang disertai dengan hak pensiun dan pesangon yang menarik bagi pegawai dengan kualifikasi tertentu. Dengan adanya program ini diharapkan perusahaan akan mendapatkan kualifikasi dan kuantitas pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga perusahaan dapat berkonsentrasi untuk mengembangkan sumber daya yang ada. Dengan sumber daya manusia yang sesuai, baik kualitas maupun kuantitas, maka diharapkan kinerja perusahaan akan meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psycho corner 005/05 Pha p
Uncontrolled Keywords: Pensiun dini; Kkaryawan perusahaan air minum
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1060-1064 Aged. Gerontology (Social aspects). Retirement
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Citra Pharamidevie, 090315171 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCholicul Hadi, Dr., MSUNSPECIFIED
ContributorIno Yuwono, Drs., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 19:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item