PERLINDUNGAN TERHADAP KEKAYAAN YAYASAN BERKAITAN DENGAN PEMBATASAN BESARNYA NILAI PENYERTAAN DALAM YAYASAN

IDA TAF'IDIYAH, 030410524 N (2006) PERLINDUNGAN TERHADAP KEKAYAAN YAYASAN BERKAITAN DENGAN PEMBATASAN BESARNYA NILAI PENYERTAAN DALAM YAYASAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-tafidiyahi-3429-tmk810-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-tafidiyahi-3429-tmk8106.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Yayasan merupakan badan non profit yang mendapatkan kekayaan awal dari pendirinya yang memisahkan kekayaannya. Selain itu yayasan dapat memperoleh kekayaan dari sumbangan¬ sumbangan donatur, wakaf, hibah, hibah wasiat, bantuan pemerintah, bantuan dari luar negeri dan perolehan lain yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kekayaan yayasan yang telah dimasukkan ke dalam yayasan menjadi milik publik yang harus digunakan untuk kepentingan publik di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan sesuai dengan maksud dan tujuan yayasan yang tertuang dalam anggaran dasarnya dan tidak boleh dialihkan atau dibagikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada pembina, pengurus, pengawas, karyawan atau pihak lain yang mempunyai kepentingan terhadap yayasan. Yayasan juga dapat mendirikan badan usaha dan/atau melakukan penyertaan di badan-badan usaha. Yayasan harus berhati¬-hati memilih bentuk badan usaha dalam rangka melakukan penyertaannya karena tidak semua bentuk badan usaha memberikan jaminan perlindungan terhadap kekayaan yayasan. Dengan adanya pembatasan penyertaan modal yaitu paling banyak 25% dari nilai seluruh kekayaan yayasan yang maksudnya untuk melindungi harta kekayaan yayasan, maka yayasan dalam penyertaannya harus memilih bentuk badan usaha yang dapat melindungi seluruh kekayaan yayasan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 81/06 Taf p
Uncontrolled Keywords: PROTECTION-LAW AND LEGISLATION; FOUNDATION; LIABILITY(LAW)
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IDA TAF'IDIYAH, 030410524 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH. Basuki Rekso Wibowo, Prof. Dr., S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item