PELAKSANAAN PROGRAM ORIENTASI KARYAWAN BARU AJBS SWALAYAN

Juniarfi Motik, 090315159 M (2005) PELAKSANAAN PROGRAM ORIENTASI KARYAWAN BARU AJBS SWALAYAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-motikjunia-3476-psycor02-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-motikjunia-3476-psycor0-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan ini dilandasi oleh adanya tingkat turnover yang tinggi yakni sebesar 40,43%. Tingkat turnover tertinggi dialami jabatan Customer Service. Implikasi dari kondisi tersebut ialah dibutuhkannya penggantian secara cepat pada posisi Customer. Service agar roda bisnis perusahaan dapat tetap berjalan optimal. Oleh karena itu, terdapat kebutuhan dari AJBS Swalayan untuk menyusun suatu program sosialisasi bagi karyawan operasional di Store dalam rangka menjaga stabilitas kinerja perusahaan akibat seringnya pergantian personil yang masih membutuhkan penyesuaian. Observasi awal pada kinerja karyawan baru Customer Service menunjukkan bahwa Customer Service yang baru kurang dapat memberikan layanan yang optimal bagi pelanggan. Hal ini ditunjukkan sikap Customer Service baru yang cenderung melimpahkan pelanggan kepada Customer Service yang lebih senior ketika menghadapi seorang pelanggan. Ada tiga faktor yang menjadi kemungkinan penyebab kondisi tersebut yaitu kurangnya pengetahuan mengenai product knowledge, kurangnya pemahaman mengenai peran kerja dan kurangnya pembinaan dari Store Supervisor selaku atasan. Pengumpulan data yang digunakan adalah Training Need Analysis. Analisa kebutuhan ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai pengetahuan dan ketrampilan karyawan serta diharapkan dapat memberikan gambaran kesulitan yang dialami dalam melakukan tugasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui interview, pembacaan rekaman dan manual teknis serta kuesioner. Pernyataan sebab yang paling mugkin ialah kurangnya pembinaan dari Store Supervisor terhadap karyawan baru. Kajian ini akan mencoba merancang intervensi yang dapat mengembangkan peran Store Supervisor dalam membina bawahannya. Terdapat dua disain intervensi yang ditawarkan yaitu Program Orientasi Karyawan Baru dan Leadership Development Program. Berdasarkan skala prioritas yang dibutuhkan, maka dipilih disain intervensi Program Orientasi Karyawan Baru yang lebih memiliki implikasi langsung terhadap proses pembinaan karyawan baru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psycho Corner 021/05 Mat p
Uncontrolled Keywords: Karyawan Baru
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Juniarfi Motik, 090315159 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIno Yuwono, Prof., DrUNSPECIFIED
ContributorMuh. Zainuddin, Drs., C.D., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item