ANALISIS PENGARUH DIMENSI TRUST TERHADAP LOYALITAS MELALUI NILAI PELANGGAN : Penelitian Pada Pelanggan Laboratorium Klinik XYZ Di Surabaya

RESTI HARDINI, 090114354 M (2005) ANALISIS PENGARUH DIMENSI TRUST TERHADAP LOYALITAS MELALUI NILAI PELANGGAN : Penelitian Pada Pelanggan Laboratorium Klinik XYZ Di Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-hardinires-3824-te07_07.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-hardinires-3824-te07_07.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Trust merupakan bagian terpenting dari relationship marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dimensi trust yakni competence, benevolence dan problem solving orientation terhadap loyalitas dan nilai pelanggan. Teknik analisis data dengan analisis jalur menggunakan program AMOS versi 4.0. Analisis jalur yang pertama adalah antara dimensi trust dengan nilai pelanggan dan kemudian menganalisis jalur dimensi trust dengan loyalitas. Terakhir menganalisis jalur nilai pelanggan dengan loyalitas. Sampel penelitian adalah pelanggan pengguna jasa pemeniksaan pada laboratorium klinik XYZ di Surabaya sebanyak 200 responden, menggunakan mtnode purposive sampling dan aksidental sampling. Hasil pengujian keseluruhan kuesioner adalah valid dan reliabel. Hasil penelitian diketahui bahwa model yang diajukan dapat diterima ditunjukkan oleh pemenuhan ketentuan 7 index goodness of fit. Hasil koefisien path menyatakan bahwa variabel competence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai pelanggan ditunjukkan dengan nilai cr sebesar 2,376 yang lebih besar dari 2,0 serta mempunyai koefisien path sebesar 0,111. Variabel benevolence mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai pelanggan dengan nilai cr sebesar 3,875 serta memiliki koefisien path sebesar 0,287. Variabel problem solving orientation memiliki koefisien path sebesar 0,229 terhadap nilai pelanggan dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai pelanggan ditunjukkan dengan nilai cr sebesar 5,079 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,0. Pengujian selanjutnya, Hasil penelitian dengan analisis jalur menyatakan bahwa variabel competence memiliki koefisien path sebesar 0,133 terhadap loyalitas dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas dituajukkan dengan nilai t hitting sebesar 2,961 yang lebih besar dari nilai t Label sebesar 2 ,0. Variabel benevolence mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai pelanggan ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,721 serta koefisien path sebesar 0,198. Variabel problem solving orientation mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai pelanggan ditunjukkan dengan nilai t hitting sebesar 3,860 yang lebih besar dari nilai t tabel 2,0 serta memiliki koefisien path sebesar 0,176.Sedang basil pengujian variabel nilai pelanggan terhadap loyalitas menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan nilai t hitung sebesar 6,881 dan nilai koefisien path sebesar 0,463 memberikan pengaruh terkuat ditunjukkan melalui nilai koefisien path terbesar jika dibandingkan dengan besamya nilai koefisien path antar variabel lainnya. Hal ini berarti loyalitas pelanggan sangat kuat dipengaruhi oleh nilai bagi pelanggan dalam hubungan pertukaran dengan penyedia jasa. Hasil penelitian irembuktikan bahwa dimensi trust dapat mempengaruhi loyalitas melalui nilai pelanggan. Penelitian mendatpng diharapkan dapat dilakukan pada jenis jasa yang bergerak pada bidang lainnya, penentuan sampel lebih beragam dan lebih banyak, serta lebih banyak menggunakan indikator pengukuran variabel.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE. 07/07 Har a
Uncontrolled Keywords: Relationship marketing, dimension of trust, competence, benevolence, problem solving orientation, customer value and loyalty
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RESTI HARDINI, 090114354 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, SE.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 17:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item