STUDI KOMPARASI EFEK PEMBERIAN ALENDRONATE DAN RALOXIFEN DALAM MENGHAMBAT PENURUNAN KEPADATAN TULANG PADA TERAPI KORTIKOSTEROID JANGKA PANJANG PADATIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus)

ANTONIUS PERMADI, 090214755M (2006) STUDI KOMPARASI EFEK PEMBERIAN ALENDRONATE DAN RALOXIFEN DALAM MENGHAMBAT PENURUNAN KEPADATAN TULANG PADA TERAPI KORTIKOSTEROID JANGKA PANJANG PADATIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-permadiant-3606-tkd040-k.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-permadiant-3606-tkd0407.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Raloxifen adalah suatu SERM (selective estrogen receptor modulator) telah digunakan untuk terapi osteporosis oleh karena menopause. Efek raloxifen untuk menghambat terjadinya osteopenia pada pemberian kortikosteroid jangka panjang masih merupakan kontroversi. Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan bahwa raloxifen dapat menghambat penurunan kepadatan tulang pada terapi kortikosteroid jangka panjang dan memiliki efek yang sebanding dengan alendronate yang telah terbukti dapat menghambat penurunan kepadatan tulang pada kortikosteroid jangka panjang. Indikator yang dipakai adalah kepadatan tulang dan jumlah osteoblas. Tiga puluh dua tikus putih (Rattus norvegicus) jantan dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok kontrol, kelompok tanpa perlakuan (prednisolon), kelompok perlakuan 1 (kelompok prednisolon + raloxifen) serta kelompok perlakuan 2 (prednisolon + alendronate). Perlakuan dilakukan selama 5 minggu dan dilakukan terminasi pada akhir minggu ke 5. Pengukuran menggunakan DBM Sonic dan secara histologis. Dari data hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna kepadatan tulang dan osteoblas antara kelompok perlakuan 1 dengan kelompok perlakuan 1 dan perlakuan 2 (p<0,05) dan tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara dua kelompok perlakuan (p>0,05) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa raloxifen dapat menghambat penurunan kepadatan tulang pada terapi kortikosteroid jangka panjang serta memiliki efek yang sepadan dengan alendronate dalam menghambat penurunan kepadatan tulang pada terapi kortikosteroid jangka panjang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 04/07 Per s
Uncontrolled Keywords: Raloxifene, alendronate, long term corticosteroid treatment
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANTONIUS PERMADI, 090214755MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDjoko Roeshadi, Prof. Dr., dr.,SpOT., FICSUNSPECIFIED
ContributorAri Gunawan, Prof., dr., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Oct 2016 08:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36258
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item