METODE PENGUKURAN KEPUASAN KERJA KARYAWANDENGAN METODE RADIESTESI PADA PT KERETA API INDONESIA DAOP VIII SURABAYA

M. Rinamurti, 090415444M (2006) METODE PENGUKURAN KEPUASAN KERJA KARYAWANDENGAN METODE RADIESTESI PADA PT KERETA API INDONESIA DAOP VIII SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-rinamurtim-3616-kkbkk-2-k.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-rinamurtim-3616-tps030-m.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan kerja (job satisfaction) karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam suatu perusahaan karena dapat mempengaruhi perilaku kerja seorang karyawan. Ada tiga hal penting dari kepuasan kerja. Pertama, kepuasan kerja adalah suatu tanggapan (response) emosional pada situasi kerja. Kedua, kepuasan kerja sering ditentukan oleh kesesuaian antara hasil dan harapan. Ketiga, kepuasan kerja mewakili beberapa sikap yang terkait. Kepuasan kerja dapat diukur dengan dua cara, yaitu mengukur kepuasan kerja secara keseluruhan dan mengukur kepuasan kerja terhadap masing-masing aspek kerja. Pengukuran kepuasan kerja dapat menggunakan instrumen yang telah dibakukan, antara lain: Job Description Index, Minnesota Satisfaction Questionnaire, dan Faces Scale. Instrumen/metode ini paling sering digunakan dalam pengukuran kepuasan kerja. Penelitian ini berusaha mengembangkan metode pengukuran kepuasan kerja yang sudah ada dengan menambah metode yang baru yang juga mampu mengukur kepuasan kerja karyawan. Metode baru dalam pengukuran kepuasan kerja karyawan tersebut adalah metode Radiestesi dengan menggunakan teknik bandul, dimana teknik ini mengukur kepuasan kerja berdasarkan pengukuran radiasi sangat rendah yang dipancarkan oleh manusia melalui kepekaan rasa. Obyek dari penelitian adalah karyawan PT KAI DAOP VIII Surabaya pada bagian pemasaran. Penelitian diawali dengan mengukur tingkat kepuasan kerja karyawan melalui metode JDI, MSQ, Faces Scale, dan Radiestesi. Kemudian hasil dari pengukuran dengan keempat metode tersebut disintesiskan dengan metode Nominal Focus Group Discussion Technique untuk memberikan hasil yang sesungguhnya mengenai kepuasan kerja karyawan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan dengan menggunakan metode yang berbeda-beda akan memberikan hasil yang berbeda-¬beda pula. Metode Radiestesi yang baru digunakan sebagai metode pengukuran kepuasan kerja ternyata mampu mengukur kepuasan kerja karyawan selain metode¬metode pengukuran yang sudah ada. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu tidak semua metode pengukuran kepuasan kerja diaplikasikan sehingga diharapkan penelitian lanjutan untuk mengaplikasikan metode-metode yang sudah ada sehingga dapat melakukan perbandingan secara menyeluruh. Perusahaan diharapkan juga menggunakan metode¬-metode yang baru agar dapat mengukur kepuasan kerja karyawan dengan lebih tepat dan pada akhirnya meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 03/07 Rin m
Uncontrolled Keywords: Job Satisfaction Measurement Method, Radiestesi Method and Nominal Focus Group Discussion Technique.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
M. Rinamurti, 090415444MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHariadi Suparto, Dr., dr., DOR., MScUNSPECIFIED
ContributorJusuf Irianto, Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item