UPAYA PENYUSUNAN PRODUK LAYANAN PENANGANAN KANKER PAYUDARA BERDASARKAN PENDEKATAN CUSTOMER VALUE DI KLINIK ONKOLOGI SURABAYA

ESTININGTYAS NUGRAHENI, 090014034 M (2006) UPAYA PENYUSUNAN PRODUK LAYANAN PENANGANAN KANKER PAYUDARA BERDASARKAN PENDEKATAN CUSTOMER VALUE DI KLINIK ONKOLOGI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-nugrahenie-3676-tka090-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-nugrahenie-3676-kkctka-7.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya peningkatan kejadian penyakit kanker yang cukup tajam di Indonesia yang patut dipikirkan penanganannya. Pada pengobatan penyakit kanker sering timbul penolakan yang mungkin disebabkan oleh ketidak sesuaian produk layanan dengan customer's value. Kejadian di Klinik onkologi Surabaya (KOS) adalah terjadinya fluktuasi kepatuhan terhadap saran pengobatan. Rumusan masalah penelitian ini: 1. Bagaimanakah karakteristik: demografi, sosio-ekonomi dan psikografi pasien kanker payudara di KOS?; 2. Bagaimanakah harapan dan kebutuhan pasien terhadap penanganan kanker payudara.?; 4. Bagaimanakah nilai (value) pasien kanker payudara terhadap penanganan penyakitnya?; 4. Bagaimanakah kesesuaian penanganan kanker payudara (nilai produk) di KOS dengan nilai (value) pasien?; 5. Bagaimanakah peran provider yang dibutuhkan pasien kanker payudara?; 6. Bagaimana model penanganan kanker payudara yang sesuai dengan Harapan pasien, Kebutuhan pasien, Persepsi pasien terhadap penanganan kanker payudara di KOS dan nilai (value) pasien dalam mengatasi penolakan penggunaan produk layanan di KOS? Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui customer's value pada penderita kanker payudara dalam upaya merancang produk layanan yang dapat diterima oleh pasien dan tetap mengikuti standar medis di Klinik Onkologi Surabaya. Sedangkan tujuan khususnya: 1. Mengidentifikasi karakteristik: demografi, sosio¬ekonomi dan psikografi pasien kanker payudara di KOS; 2. Mengidentifikasi nilai (value) yang dimiliki pasien berdasarkan karakteristik: demografi, sosio-ekonomi dan psikografi melalui perwujudan keputusan mengikuti saran terapi di KOS; 3. Mengidentifikasi harapan dan kebutuhan pasien terhadap produk penanganan kanker payudara; 4. Mengidentifikasi persepsi pasien terhadap nilai produk penanganan kanker payudara di KOS; 5. Mempelajari kesesuaian antara nilai (value) produk layanan KOS dengan nilai pasien (cutomer value) terhadap penanganan kanker payudara, 6. Mengidentifikasi peran provider yang dibutuhkan pasien KOS berdasarkan customer valu, 7. Menyusun rancangan produk layanan yang memenuhi kriteria customer's value. Studi observasional yang bersifat deskriptif kualitatif ini dilakukan di KOS dengan sumber informasi: pasien dengan jumlah sampel sebesar 80 dan petugas yang terdiri dari dokter, paramedis, petugas counter dilakukan pada total populasi. Instrumen penelitian adalah kuesioner dengan panduan melalui teknik indepth interview bagi pasien dan kuesioner terbuka untuk petugas. Penelitian dilakukan selama 4 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 36,25% responden mempunyai nilai hidup untuk diri sendiri dan 63,75% untuk kelompok, sedangkan untuk nilai kebutuhan kesehatan, 60% menyatakan butuh dan peduli, sementara 40% tidak peduli. Untuk petugas secara umum mengetahu adanya fungsi produk, kualitas produk dan aksesori produk serta dapat mengenali adanya customer's value yang akan membedakan kebutuhan masing-masing pasien. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pengeahuan tentang customer's value sangat membantu keberhasilan suatu produk layanan agar dapat diterima pasien dan harus menjadi landasan dalam merancang suatu produk layanan. Translation: Breast cancer for a woman giving two impacts: physic and psychology. The breast cancer provider should understand how to create the healthcare product to achieve successfully service for patient. This achievement will figured the patient's compliances of advice therapy and the end will figure the provider's performance. This study aimed to identify customer's values in breast cancer patient through the patient's characteristics, patient's need and demand of the breast cancer therapy and its realization on compliance of advice therapy. The information of customer's values could be used to guiding the provider in designing the most suitable healthcare services product for breast cancer patients or to improve the recent healthcare services product. The observational study design with qualitative analysis was used in this study, the method of data collecting by an in-depth interview for the patients and giving an open questionnaire for the entire employee. The result of the study for employees showed that most of employee aware with the component of the product and recognizing the impact of differentiation of patient values and its consequences for the patient need of breast cancer treatment. The patient divided to the two values of life and two values of healthy need, all of the values have an influence to the decision to following the advice therapy. The result of the study for patients showed that the patient considerations for accept the advice therapy strongly influenced by the customer's values of life and values of healthy need. The conclusion of the study is that the database of customer's values would be useful for provider to improve the recent product or to create the new product. The beneficiary in using the customer's value in designing healthcare product is helping provider to create a customize product at last it will develop the patient's compliance.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA.09/07 Nug u
Uncontrolled Keywords: Breast cancer; Customer's value; Patient's characteristics; Patient's compliance; Value of healthy needVvalue of life.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
ESTININGTYAS NUGRAHENI, 090014034 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWIDODO J PUDJIRAHARDJO, dr.,MS.,MPH.,Dr.PHUNSPECIFIED
ContributorR. Darmawan Setijanto, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item