DESAIN BALANCED SCORECARD PADA PT BANK NEGERA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN BERSAING

MUH. HENDRA APRIWARTO, - (2005) DESAIN BALANCED SCORECARD PADA PT BANK NEGERA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEUNGGULAN BERSAING. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-apriwartom-3739-tea1307.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-apriwartom-3739-tea1307.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: "Bagaimanakah perancangan balanced scorecard pada PT Bank Negara Indonesia, sehingga dapat mengakomodasikan dan menerjemahkan dengan tepat strategi ke dalam tindakan nyata untuk mempertahankan daya saing?" Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: "Untuk menganalisis perancangan balanced scorecard PT Bank Negara Indonesia, dalam upaya mengakomodasikan dan menerjemahkan dengan tepat strategi ke dalam tindakan nyata untuk mempertahankan daya saing. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain manajemen strategik, karena bertujuan merancang balanced scorecard dari empat perspektif yang didasarkan atas temuan empiris sebagai hasil riset yang telah ada pada PT Bank Negara Indonesia (BBNI). Pendekatan kualitatif dipilih agar diperoleh suatu basil riset yang lebih mendekati kenyataan dan dapat diterapkan. Metode ini dipilih karena peneliti mempunyai akses masuk ke dalam subyek riset dan mendekati pars responden. Desain balanced scorecard yang akan dihasilkan diharapkan dapat mendefinisikan program yang lebih rinci, jelas dan akurat mengenai peningkatan kinerja internal dan respon terhadap pelanggan. Hasil pembahasan yang dilakukan menghasilkan beberapa simpulan, yaitu: 1. Critical success factor pads strategi low cost leadership adalah peningkatan jumlah nasabah barn, fleksibilitas produk tabungan, fleksibilitas produk kredit, efficiency dan penguasaan teknologi. Critical success factor pada strategi customer focus adalah efisiensi operasional, retensi nasabah, automation dan capital intensive, standarisasi banking hall, standarisasi peralatan di banking hall, standarisasi penampilan diri dan keterampilan kunci dan kompetensi. 2. Apabila rancangan balanced scorecard diimplimentasikan, PT Bank Negara Indonesia akan dapat mengetahui pada tingkatan operasional mana yang tidak menimbulkan nilai tambah dan yang tidak sesuai lagi dengan jalurnya sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin. Selain itu PT Bank Negara Indonesia dapat diandalkan kerapian manajemennya, sehingga dapat dijadikan core competence PT Bank Negara Indonesia untuk dapat bertahan dan bersaing di pasar. 3. Balanced scorecard yang akan diterapkan pada PT Bank Negara Indonesia menetapkan critical success factor yang menentukan strategi yang telah ditetapkan. Berdasarkan strategi yang ditetapkan, balanced scorecard mengarahkan pada tindakan yang mengacu kearah strategi tersebut. Dari tindakan atau aktifitas PT Bank Negara Indonesia tersebut ditetapkan pengukuran-pengukuran kinerja operasional. Pengukuran ini dimulai dengan menetapkan lead indicator atau outcomes-nya 4. Dalam internal-business perspectives keterkaitan dan hubungan sebab akibat antara lead indicator dan lag indicator memegang peranan penting dalam pencapaian strategi. Strategi PT Bank Negara Indonesia dibedakan menjadi dua kategori, yaitu: low cost leadership dan customer focus.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 13/07 Apr d
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Low Cost Leadership and Customer Focus
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
MUH. HENDRA APRIWARTO, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorARSONO LAKSMANA, Prof. Dr., SE., Ak., CPAUNSPECIFIED
ContributorBasuki, Drs.,M.Com(HONS).,PhD.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item