UPAYA MEMPERBAIKI SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI REKAM MEDIK BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN PENILAIAN KELOMPOK MANAJEMEN TINGKAT BISNIS DI RSAL Dr. RAMELAN.

WURYANI, 090014031/M (2006) UPAYA MEMPERBAIKI SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI REKAM MEDIK BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN PENILAIAN KELOMPOK MANAJEMEN TINGKAT BISNIS DI RSAL Dr. RAMELAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-wuryani-3767-tka270-k.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-wuryani-3767-tka2707.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit TNI AL Dr. Ramelan merupakan salah satu fasilitas kesehatan dibawah Dinas Kesehatan TNI AL dan merupakan Rumah Sakit Tingkat I sebagai pusat rujukan TNI untuk wilayah Indonesia Timur. Sebagai survey awal penelitian ini ditemukan bahwa alasan terbanyak manajemen tidak memanfaat-kan informasi rekam medik adalah rendahnya kualitas informasi rekam medik (akurasi 65 %, relevansi 25 %, ketepatan waktu 10 %). Penelitian ini difokuskan pada penilaian aspek input (item form rekam medik, waktu pengembalian dokumen rekam medik, pengetahuan dan ketrampilan petugas, spesifikasi program komputer) proces (Assembling, Coding, Reporting), output (kualitas informasi rekam medik) serta kebutuhan informasi rekam medik kelompok manajemen tingkat bisnis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun upaya memperbaiki sistem dan kualitas informasi rekam medik berdasarkan kebutuhan dan penilaian kelompok manajemen tingkat bisnis di RSAL Dr. Ramelan. Penelitian ini merupakan penelitian crosssectional yang didasarkan pada studi observasional. Analisis bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan sistem I-P-O. Unit analisis penelitian ini yaitu unit rekam medik dengan sumber informasi atau responden 25 kelompok manajemen tingkat bisnis dan 6 petugas pengolah data dan penyaji informasi. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner dan checklist. Hasil identifikasi informasi yang dibutuhkan oleh kelompok manajemen tingkat bisnis yaitu 15 informasi rawat jalan, 21 informasi rawat inap, 4 informasi penunjang medik dan 3 informasi tindakan atau operasi. Hasil analisis kesesuaian item form rekam medik dengan informasi yang dibutuhkan kelompok manajemen menunjukkan bahwa 100 % sesuai, baik untuk informasi rawat jalan, rawat inap, penunjang medik, tindakan atau operasi. Hasil observasi ketepatan waktu pengembalian dokumen rekam medik ke unit rekam medik menunjukkan bahwa sebagian besar ruangan tidak tepat waktu dalam mengembalikan dokumen rekam medik ke unit rekam medik yaitu ruangan DIII, DII, ICU, F I, B I, Pav A I, ECU, Pav I. Hasil observasi pengetahuan dan ketrampilan petugas pengolah data dan penyaji informasi menunjukkan bahwa pengetahuan petugas baik (66,7 %) sangat baik (33,3 %) dan ketrampilan petugas yang meliputi ketrampilan assembling, coding, reporting masuk kategori trampil. Hasil analisis spesifikasi program komputer dalam menunjang informasi sesuai kebutuhan kelompok manajemen menunjukkan bahwa program komputer kurang memadai (hanya tersedia 33 % - 62 %). Jenis informasi yang belum bisa dihasilkan oleh program komputer yang tersedia saat ini untuk rawat jalan = 9 item, rawat inap = 8 item, penunjang medik = 4 item dan tindakan atau operasi = 2 item. Hasil observasi proses transformasi yang dilakukan petugas pengolah data dan penyajian informasi menunjukkan bahwa proses assembling kurang sesuai tahapan dan 1 petugas coding tidak sesuai tahapan yang seharusnya dilakukan. Hasil pengukuran kualitas informasi rekam medik menurut penilaian kelompok manajemen terhadap informasi rawat jalan yaitu kurang tepat waktu dan kurang akurat, informasi rawat inap yaitu kurang tepat waktu, informasi penunjang medik yaitu kurang tepat waktu, tindakan atau operasi yaitu kurang tepat waktu, dan kurang akurat, sedangkan untuk relevansi keempat kelompok informasi tersebut (rawat jalan, rawat inap, penunjang medik, tindakan atau operasi) menurut penilaian kelompok manajemen tidak relevan. Upaya yang diusulkan untuk memperbaiki sistem dan kualitas informasi rekam medik adalah menambah program komputer yang belum tersedia, pelatihan dan pengembangan SDM, sosialisasi protap rekam medik, melengkapi sistem pengamanan data, pembentukan panitia rekam medik, evaluasi secara rutin kebutuhan informasi manajemen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 27/07 Wur u
Uncontrolled Keywords: Medical Record information, Quality, System, Business level management
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WURYANI, 090014031/MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr., Drg., M.SUNSPECIFIED
ContributorThinni Nurul R., Dra., Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 18:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item