HUBUNGAN HUKUM ANTARA KOPERASI DENGAN PIHAK BANK DALAM PERJANJIAN KREDIT

KEMAL IDRIS BALAKA, 031043105 (2011) HUBUNGAN HUKUM ANTARA KOPERASI DENGAN PIHAK BANK DALAM PERJANJIAN KREDIT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
hal. judul - gdlhub-gdl-s2-2012-balakakema-18341-th4411.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-balakakema-18341-th4411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koperasi Indonesia dapat berperan sebagai alat perjuangan ekonomi juga sebgai alat Pembina insan masyarakat untuk memperkokoh kedudukan ekonomi bangsa Indonesia serta bersatu dalam mengatur tata laksana perekonomian rakyat. Sehingga dalam melaksanakan hubungan hukum dengan pihak ketiga dalam hal ini bank dalam perjanjian kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis untuk mengkaji dan menganalisis mekanisme organ koperasi dalam hubungan antara koperasi dengan pihak bank. Dan mengkaji dan menganalisis hubungan hukum antara koperasi dengan pihak bank. Dari hasil penelitian dan analisis statute approach dan conceptual approach menunjukkan bahwa Bahwa Mekanisme Organ Koperasi dalam hubungan dengan Pihak Ketiga dapat dilihat koperasi harus dapat menjalankan asas efisiensi ekonomi guna menunjang program kesejahteraan anggota dalam pembangunan ekonomi kerakyatan.dan Bahwa hubungan hukum antara Koperasi dengan Pihak Bank dapat dilihat dari timbulnya hak dan kewajiban Bank dengan Koperasi sebagaimana yang telah dimuat dalam perjanjian kredit bank pada umumnya dengan memperhatikan asas-asas dan prinsip-prinsip perjanjian. Dengan demikian seiring dengan perkembangan ekonomi nasional dimasa mendatang, maka koperasi dituntut lebih tanggung tangguh dan kompetitif serta mampu memanfaatkan peluang-peluang ekomoni yang diberikan pemerintah, khususnya dalam menggalakkan eksport non migas koperasi juga senantiasa berusaha mempersiapkan badan-badan koperai sebagai sumber daya manusia yang meneruskan kesinambungan koperasi. Koperasi perlu membangun dirinya dan dibangun menjadi kuat dan mandiri berdasarkan prinsip koperasi mampu berperan sebagai soko guru perekonomian nasional, oleh karena itu pengembangan koperasi merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah dan seluruh rakyat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 44 / 11 Bal h
Uncontrolled Keywords: Cooperative Bank, the Agreement
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsEmail
KEMAL IDRIS BALAKA, 031043105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Agus Yudha Hernoko, Prof. Dr. S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 25 Oct 2016 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item