PEMBEBASAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

AHMAD MUNIR, 031043040 (2012) PEMBEBASAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-munirahmad-23617-thb-01-1-k.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-munirahmad-19997-thb0112.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Pembebasan Pajak Pertambahan Nilai Atas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah”. Penulisan tesis ini bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan studi pada jenjang pendidikan Strata (S-2) dalam mencapai gelar Magister Hukum di Universitas Airlangga. penulisan hukum ini akan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Disini penulis mengunakan pendekatan terhadap peraturan perundangan dilakukan dengan cara menganalisis terhadap ketentuan hukum, yakni Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai Nomor 42 Tahun 2009 dan Undang-Undang UMKM Nomor 20 Tahun 2008, serta pendekatan konseptual dilakukan dengan cara menganalisis konsep hukum yang terkait dengan Pajak Pertambahan Nilai atas UMKM. Sesuai dengan masalah yang akan diteliti maka penulisan hukum ini akan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Disini penulis mengunakan pendekatan terhadap peraturan perundangan dilakukan dengan cara menganalisis terhadap ketentuan hukum, yakni Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai Nomor 42 Tahun 2009 dan Undang-Undang UMKM Nomor 20 Tahun 2008, serta pendekatan konseptual dilakukan dengan cara menganalisis konsep hukum yang terkait dengan pemungutan Pajak Pertambahan nilai atas UMKM. Indonesia sebagai suatu negara yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam mengembangkan UMKM. UMKM adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak, sehingga menjadi tulang punggung perekonomian nasional. UMKM juga merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian di Indonesia dan telah terbukti menjadi kunci pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis ekonomi, serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis. Selain itu UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat, tanpa mengabaikan peranan Usaha Besar dan Badan Usaha Milik Negara. Tujuan UMKM adalah memajukan kesejahteraan rakyat pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Karakteristik yang mencolok dalam diri UMKM adalah pada permodalan, pendidikan, pemasaran atau orientasi pasar dan juga banyaknya pajak yang membebani. Hal tersebut menjadi permasalahan utama yang ada pada UMKM sehingga UMKM sulit berkembang menjadi usaha yang lebih maju. Untuk itu UMKM harus mendapatkan perlindungan dengan pembebasan Pajak Pertambahan Nilai. Dengan demikian hal ini dikaji berdasarkan fungsi pajak serta prinsip pajak sehingga timbul kepastian hukum dan keadilan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 01 / 12 Mun p
Uncontrolled Keywords: Pajak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsEmail
AHMAD MUNIR, 031043040UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 18:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item