Konsumsi Sistem Tanda Online Shopping: Cyber Identity, Simulasi, dan Hiperrealitas Millennials Urban Surabaya

ADINUGRAHA FAJAR RAHARJA, 121041023 (2012) Konsumsi Sistem Tanda Online Shopping: Cyber Identity, Simulasi, dan Hiperrealitas Millennials Urban Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-raharjaadi-25537-5.-abstr-k.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-raharjaadi-22197-14 FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Millennials adalah sebuah generasi dalam konsep pembagian generasi di Amerika Serikat, sebuah generasi yang memiliki ketergantungan terhadap teknologi. Internet sebagai salah satu produk teknologi memiliki pengaruh terhadap pola kehidupan millennials. Dengan adanya internet, millennials bisa melakukan banyak kegiatan secara online, salah kegiatan tersebut adalah belanja secara online atau sering disebut sebagai online shopping. Kedekatan millennials dengan internet ini ternyata mempengaruhi pola konsumsi mereka dalam online shopping yang pada akhirnya. Kemudahan mengakses online shop membuat millennials cenderung konsumtif. Hal yang menarik adalah bahwa ternyata objek yang dikonsumsi millennials bukanlah use-value barang yang sesungguhnya melainkan representasi barang yang ditampilkan melalui sistem tanda yang ada di dalam sebuah online shop. Tesis ini meneliti apakah konsep millennials sebagai sebuah generasi bisa diaplikasikan dalam kondisi masyarakat urban Surabaya. Selanjutnya tesis ini berupaya untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja yang bergerak di dalam kegiatan online shopping millennials. Penulis akan menggunakan menggunakan konsep postmodern consumer culture dan simulasi dan hiperrealitas oleh Jean Baudrillard. Penelitian tersebut dilakukan dalam ruang lingkup cyber culture yang dekat dengan millennials. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan dua macam data. Data sekunder berasal dari kuesioner pendahuluan yang dilakukan kepada kelompok usia millennials, sedangkan data primer didapat dari in-depth interview terhadap informan yang merupakan hasil screening data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan online shopping millennials urban Surabaya meresepsi sistem tanda dalam terdapat pada komponen komponen di dalam sebuah online shop. Beberapa sistem tanda tersebut saling berhubungan sehingga membentuk sebuah jaringan yang memiliki pengaruh terhadap proses konsumsi. Jaringan sistem tanda tersebut juga membuat millennials mengalami simulasi dan hiperrealitas yang membuat barang yang mereka lihat tampak sempurna. Hal itulah yang pada akhirnya menyebabkan mereka menjadi konsumtif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB.02/12 Rah k
Uncontrolled Keywords: millennials, online shopping, konsumsi, posmodern, sistem tanda, cyber culture
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
ADINUGRAHA FAJAR RAHARJA, 121041023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
ContributorMaimunah, M.Hum., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item