Representasi Maskulinitas Madura dalam Ilustrasi Kemasan Jamu Kuat Pria Madura

ELISABETH CHRISTINE YUWONO, 121041010 (2012) Representasi Maskulinitas Madura dalam Ilustrasi Kemasan Jamu Kuat Pria Madura. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-yuwonoelis-22231-6.abstr-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-yuwonoelis-22231-1FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berisi penjelasan tentang bagaimana ilustrasi dalam kemasan jamu kuat pria Madura dapat dimaknai atau diinterpretasikan secara tekstual dan kontekstual ditinjau dari sisi maskulinitas. Untuk mencapai tahapan interpretasi yang optimal maka pemaknaan akan tanda tersebut dikaitkan dengan kode-kode budaya yang berlaku dalam kehidupan masyarakat Madura, meliputi aspek maskulinitas yang dikonstruksi dalam budaya Madura, hubungan antara maskulinitas dalam budaya Madura dengan nilai-nilai kejantanan, serta hubungan antara maskulinitas dengan pesan-pesan visual/ilustrasi, warna, dan tipografi sebagai pendukung visualisasi dalam kemasan jamu kuat ramuan Madura. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasilnya menunjukkan bahwa kode maskulin yang muncul pada setiap kemasan berorientasi pada nilai-nilai fisik seperti menonjolkan sifat kuat, kekar dan berotot, serta tidak impoten; Attitude seperti cekatan, berani, dan agresif; Serta nilai sosial yang cenderung menonjolkan kode dominasi untuk menunjukkan peran pria sebagai yang utama dan terutama dalam konteks tanggung jawab maupun seksual. Selain itu didapati pula bahwa kehormatan merupakan sisi paling penting dalam budaya Madura yang harus selalu dijaga oleh laki-laki. Kode-kode ini melahirkan mitos bahwa laki-laki yang maskulin adalah yang aktif, bertanggung jawab, dan selalu dalam kondisi prima, baik dalam aktivitas pekerjaan maupun seksual. Berdasarkan temuan akan maskulinitas yang terkonstruksi dalam budaya Madura dikaitkan dengan nilai-nilai maskulinitas yang terrepresentasi pada ilustrasi dalam kemasan jamu kuat pria Madura, terlihat adanya pergeseran, dari nilai-nilai seperti keberanian, kekuatan, tanggung jawab, dan kejujuran, ke nilai-nilai fisik seperti tubuh kekar, berotot serta seksualitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB.10/12 Yuw r
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas, Representasi, Konstruksi, Madura, Kemasan, Ilustrasi, Jamu Kuat, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
ELISABETH CHRISTINE YUWONO, 121041010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Wulan, Dra., M.A., Ph.DUNSPECIFIED
ContributorMaimunah Munir, S.S., M.Hum., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item