WANPRESTASI PEMENANG LELANG YANG TIDAK MELUNASI HARGA LELANG

ARIFIN SAMUEL CANDRA, 031042032 N (2012) WANPRESTASI PEMENANG LELANG YANG TIDAK MELUNASI HARGA LELANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-candraarif-22326-4.abstr-.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-candraarif-22326-14 FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam setiap pelaksanaan lelang disyaratkan adanya Nilai Limit. Penetapan Nilai Limit menjadi tanggung jawab Penjual/Pemilik Barang dan Nilai Limit bersifat tidak rahasia Pada lelang yang menggunakan harga limit, Pejabat Lelang dapat mengesahkan penawar tertinggi yang telah mencapai atau melampaui Nilai Limit sebagai Pembeli. Pemenuhan kewajiban pembayaran lelang terdapat batasan sebagaimana ditentukan dalam pasal 71 Peraturan Menteri Keuangan No. 93/ PMK.06/ 2010, bahwa pembayaran Harga Lelang dan Bea Lelang harus dilakukan secara tunai/cash atau cek/giro paling lama 3 (tiga) hari kerja setelah pelaksanaan lelangPada penelitian ini penulis memfokuskan pada wanprestasi pemenang lelang yang tidak melunasi harga lelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan statute approach dan conceptual approach. Sasaran yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah berkenaan dengan pembayaran harga lelang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi pemenang lelang, dan akibat hukum yang ditimbulkan apabila pemenang lelang ternyata tidak dapat melaksanakan pembayaran Harga Lelang. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa pertama; dalam hal pembeli tidak melunasi Kewajiban Pembayaran Lelang, pada hari kerja berikutnya Pejabat Lelang harus membatalkan pengesahannya sebagai Pembeli dengan membuat Pernyataan Pembatalan dan tidak diperbolehkan mengikuti lelang di seluruh wilayah Indonesia dalam waktu 6 (enam) bulan Kedua, Pembeli atau pemenang lelang yang dikatakan wanprestasi dapat mengelak tanggung jawab atas kerugian yang timbul dengan alas an adanya force majeur.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 52/12 Can w
Uncontrolled Keywords: Lelang, Pembeli Lelang, Wanprestasi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ARIFIN SAMUEL CANDRA, 031042032 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., M.H., CNUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36612
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item