ASPEK PEMBIAYAAN DALAM KONTRAK BUILD, OPERATE & TRANSFER (BOT)

FELICIA CHRISTY WIDODO, 031042026 (2012) ASPEK PEMBIAYAAN DALAM KONTRAK BUILD, OPERATE & TRANSFER (BOT). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-widodofeli-22328-4.abstr-.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-widodofeli-22328-12 full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah memiliki tugas dalam pembangunan infrastruktur demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang menuju pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Namun masalah yang utama yang sering dihadapi adalah keterbatasan dana karena pembangungan infrastruktur itu memerlukan dana yang cukup besar. Salah satu jalan yang dapat ditempuh pemerintah adalah dengan cara mengandeng pihak swasta dimana pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta (investor) yang diwujudkan dalam bentuk perjanjian, salah satunya yang sering digunakan adalah dengan kerjasama proyek Build, Operate, and Transfer (BOT). Dimana pemilik lahan (dalam hal ini pemerintah) menyerahkan pembangunan proyeknya kepada pihak investor untuk membiayai pembangunan. Dalam jangka waktu tertentu pihak investor ini diberi hak untuk mengelola bangunan yang bersangkutan guna diambil manfaat ekonominya. Setelah lewat jangka waktu yang diperjanjikan, pengelolaan bangunan yang bersangkutan diserahkan kembali kepada pemilik lahan secara penuh. Tesis ini memaparkan bagaimana pembiayaan yang dapat ditempuh oleh investor untuk membiayai proyek BOT. Pembiayaan tersebut dapat bersumber dari equity milik investor sendiri dan melalui pinjaman kepada Bank. Prosentase yang digunakan oleh investor untuk pembiayaan proyek BOT ini adalah 30% menggunakan equity investor dan 70% menggunakan pinjaman perbankan. Tentunya investor sebagai debitor harus memenuhi prinsip five’c of credit analysis yang salah satunya adalah collateral (jaminan) dimana pada umumnya jaminan yang diberikan kepada bank adalah tanah yang akan digunakan untuk proyek BOT yang berstatus tanah Hak Guna Bangunan diatas tanah Hak Pengelolaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 54/12 Wid a
Uncontrolled Keywords: BOT, Contract, Liability
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations > K840-917 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FELICIA CHRISTY WIDODO, 031042026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYohanes Sogar Simamora, Prof., Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item