PENYELESAIAN HAK TANGGUNGAN OLEH BANK SEBAGAI KREDITOR PADA HAK GUNA BANGUNAN YANG TELAH BERAKHIR JANGKA WAKTUNYA

RIOAVIANTO, 030810723 N (2012) PENYELESAIAN HAK TANGGUNGAN OLEH BANK SEBAGAI KREDITOR PADA HAK GUNA BANGUNAN YANG TELAH BERAKHIR JANGKA WAKTUNYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-rioavianto-22364-5.abst-t.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-rioavianto-22364-13 full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perihal hak atas tanah yang digunakan jaminan kredit, dapat berupa hak atas tanah yaitu hak milik, hak guna usaha, Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Pakai atas tanah negara yang dapat dipindah tangankan sebagaimana diatur dalam Pasal 4 UUHT. Di antara hak atas tanah yang dapat dijadikan jaminan tersebut, hanya hak milik yang mempunyai posisi kuat, karena kepemilikannya tidak dibatasi oleh waktu, lain halnya dengan hak atas tanah berupa HGB. Hapusnya hak atas tanah karena jangka waktu, jika tanah tersebut digunakan sebagai jaminan utang, berarti hapus pula perjanjian pembebanan hak tanggungan sebagai perjanjian tambahan. Dalam tesis ini, penulis memfokuskan pada penyelesaian hak tanggungan oleh bank sebagai kreditor pada hak guna bangunan yang telah berakhir jangka waktunya. Sasaran yang hendak dicapai dalam tesis ini adalah kedudukan kreditor pemegang hak tanggungan atas tanah HGB sebagai objek hak tanggungan dan upaya yang dilakukan oleh kreditor untuk mengembalikan kedudukan sebagai kreditor preferen Hasil penelitian menjelaskan bahwa kedudukan kreditor pemegang Hak Tanggungan atas tanah HGB yang telah berakhir jangka waktu hak atas tanahnya tidak lagi menjadi kreditor preferen yang pemenuhannya didahulukan di antara kreditor lainnya, melainkan kreditor konkuren yang pemenuhan piutangnya didasarkan keseimbangan jumlah piutang. Upaya yang dilakukan oleh kreditor untuk mengembalikan kedudukan sebagai kreditor preferen yaitu dibuatkan SKMHT dengan memberikan kuasa kepada kreditor untuk memperpanjang jangka waktu HGB dan membebani Hak Tanggungan setelah HGB tersebut diperpanjang, serta pada saat pembebanan hak tanggungan, kreditor juga mengikat jaminan HGB tersebut dengan fidusia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.62/12 Rio p
Uncontrolled Keywords: Kreditor, hak tanggungan, hak guna bangunan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7200-7218 Property
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
RIOAVIANTO, 030810723 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEman Ramelan, Prof., Dr., S.H., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36627
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item