PENANDATANGANAN AKTA NOTARIS DI LUAR KANTOR NOTARIS

RATIH DEWI ASFAIDA, 031042065 N (2012) PENANDATANGANAN AKTA NOTARIS DI LUAR KANTOR NOTARIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-asfaidarat-22561-6.abst-k.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-asfaidarat-22561-12full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Penandatanganan Akta Notaris Di Luar Kantor Notaris”. Latar belakang dari penulisan tesis ini mengenai banyaknya Notaris yang melakukan penandatanganan akta di luar kantornya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, aturan mengenai kewajiban Notaris untuk melakukan penandatanganan akta di kantornya diatur di dalam pasal 3 angka 14 Kode Etik Notaris , dimana boleh dilakukan di luar kantor kecuali dengan alasan-alasan yang sah. Namun pada kenyataannya banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Notaris terhadap aturan tersebut. Pelanggaran yang banyak dilakukan Notaris berupa penandatanganan akta Notaris yang dilakukan di luar kantor Notaris tanpa didasarkan pada alasan-alasan yang sah, tidak hanya melanggar aturan Kode Etik Notaris namun juga UUJN. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan Notaris yang hanya membawa 1 (satu) orang saksi saja ketika penandatanganan akta di luar kantor dan juga terbentuknya minuta akta Notaris di luar kantor. Pelanggaran terhadap Kode Etik Notaris dan UUJN tersebut masing-masing membawa konsekuensi dan juga akibat hukum yang berbeda terhadap status akta yang dibuat oleh Notaris tersebut, akta Notaris tersebut bisa tetap sah sebagai akta otentik apabila yang dilanggar adalah aturan Kode Etik Notaris. Status akta otentik tersebut dapat pula terdegradasi menjadi akta di bawah tangan atau batal demi hukum apabila yang dilanggar adalah aturan UUJN.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 72/12 Asf p
Uncontrolled Keywords: penandatanganan akta, Kode Etik Notaris dan UUJN, status akta Notaris.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RATIH DEWI ASFAIDA, 031042065 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEman Ramelan, Prof., Dr., S.H., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Oct 2016 02:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item