ANALISIS KOMPARASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

SITI SABRINA PRASTIWI, 031042063 N (2012) ANALISIS KOMPARASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PEMBIAYAAN MODAL VENTURA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-prastiwisi-22759-8.abstr-k.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-prastiwisi-22759-15full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terdapat persamaan antara pembiayaan mudharabah pada bank syariah dengan pembiayaan modal ventura pada lembaga pembiayaan yakni merupakan penyertaan modal usaha dengan memakai prinsip bagi hasil keuntungan. Oleh karena itu, penulis bermaksud membandingkan kedua pembiayaan tersebut untuk mengetahui perbedaan karakteristik serta pelaksanaan dalam pembiayaan dengan sistem bagi hasil pada pembiayaan mudharabah dan modal ventura.Tipe penelitian tesis ini bersifat yuridis normatif, yang juga menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dengan meneliti berbagai ketentuan hukum positif dan pendekatan konsep (conceptual approach). Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan ada beberapa persamaan dan perbedaan karakteristik antara pembiayaan mudharabah dan pembiayaan modal ventura. Definisi kedua pembiayaan tersebut cenderung sama, yaitu merupakan suatu bentuk pembiayaan yang bertujuan untuk penyertaan modal usaha dari pemilik modal kepada pengelola usaha, dimana pembagian keuntungan ditetapkan berdasar prosentase yang ditentukan diawal kesepakatan oleh para pihak. Dalam dasar hukum, juga sama-sama menggunakan dasar hukum positif yang berlaku di Indonesia meskipun dalam pembiayaan mudharabah lebih luas dasar hukumnya karena bersumber juga pada Hukum Islam serta masing-masing mempunyai syarat keabsahan serta konsekuensi yang berbeda. Dalam tujuan, kedua pembiayaan ingin membantu para pihak yang membutuhkan permodalan dimana persyaratan yang diajukan sama-sama tidak seperti pengambilan kredit pada bank konvensional yang membutuhkan banyak persyaratan dan jaminan. Jangka waktu pada mudharabah dapat diperpanjang sedangkan dalam modal ventura hanya bersifat sementara dan tidak dapat diperpanjang. Dalam praktek di lapangan ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan pada pelaksanaan kedua pembiayaan tersebut. Persamaannya yaitu: jaminan merupakan suatu keharusan untuk mendapatkan sebuah pembiayaan baik itu mudharabah maupun modal ventura, di samping itu kemungkinan adanya itikad buruk dari mudharib ataupun PPU dalam menginformasikan pendapatan/profit yang harus di sharing dengan penyedia dana pembiayaan yang dalam hal ini adalah bank ataupun PMV juga merupakan resiko yang dihadapi oleh keduanya. Perbedaannya terletak dalam: langkah-langkah prosedural dalam mengajukan pembiayaan, pelaksanaan sistem bagi hasilnya, pelaksanaan terkait jaminan, kelebihan masing-masing pembiayaan, dan penyelesaian terkait wanprestasi debitur.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 34/12 Pra a
Uncontrolled Keywords: PEMBIAYAAN MUDHARABAH;PEMBIAYAAN MODAL VENTURA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
SITI SABRINA PRASTIWI, 031042063 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorABDUL SHOMAD, Dr., Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jun 2017 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item