SURAT PERNYATAAN TANAH (SPT) DALAM PENDAFTARAN TANAH DI KOTAWARINGIN TIMUR - SAMPIT

NORA APRILIANE WULANI, 031042084 (2012) SURAT PERNYATAAN TANAH (SPT) DALAM PENDAFTARAN TANAH DI KOTAWARINGIN TIMUR - SAMPIT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-wulaninora-22770-6.abstr-t(1).pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-wulaninora-22770-12full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring perkembangan zaman saat ini di Indonesia, kebutuhan terhadap tanah semakin meningkat. Nilai tanahpun kini semakin beraneka ragam dan berharga tinggi. Tanah dapat dijadikan sebagai aset investasi jangka panjang karena nilainya yang tinggi. Terlepas dari itu, tanah dijadikan sebagai alat dalam berbisnis, misalnya dapat dijadikan sebagai jaminan utang. Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap tanah belum tentu pemahaman masyarakat terhadap pendaftaran tanah pun meningkat. Di Kotawaringin Timur tidak banyak masyarakat yang mengerti arti penting pendaftaran tanah. Ditemukannya masyarakat yang menganggap bahwa alas hak yang dimilikinya cukup untuk menerangkan bahwa yang memiliki suatu tanah tersebut adalah dirinya. Alas hak demikian disebut dengan Surat Pernyataan Tanah (SPT) untuk wilayah Kalimantan Tengah. Surat Pernyataan Tanah (SPT) kedudukannya berbeda dengan petok, girik, letter C, karena hal itu tergolong dalam pemberian hak lama atau kegiatan konversi. Sedangkan Surat Pernyataan Tanah (SPT) merupakan golongan pemberian hak baru yang terjadinya berasal dari Penetapan Pemerintah. Surat Pernyataan Tanah (SPT) dalam fungsinya digunakan dan diakui sebagai dasar dalam Pendaftaran Tanah, karena Surat Pernyataan Tanah (SPT) masuk dalam golongan alas hak yang dilampirkan sebagai bukti perolehan hak atas tanah lainnya yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 9 Tahun 1999.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: TMK 96/12 Wul s
Uncontrolled Keywords: Statement on Land (SPT), the Land Registry
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
NORA APRILIANE WULANI, 031042084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUrip Santoso, Dr., SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 01 Oct 2016 06:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item