KEBERHASILAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA PASCA BIMBINGAN ORANG TUA DI SLB/C NEGERI SIDOARJO

ANDI BUDIMAN, 099913478 M (2012) KEBERHASILAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA PASCA BIMBINGAN ORANG TUA DI SLB/C NEGERI SIDOARJO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-budimanand-22962-5.abstr-t.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-budimanand-22962-18full-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Istilah keterbelakangaan mental secara edukatif disebut sebagai tunagrahita yang diartikan sebagai anak yang otaknya tidak dapat mencapai perkembangan penuh, sehingga mengakibatkan keterbatasan intelegensinya. Mereka juga mengalami hambatan koordinasi motorik, ekspresi, intelegensi, imajinasi maupun sosialisasi dalam lingkungan tempat tinggalnya. Penekanan pendidikan khusus pada anak tunagrahita terletak pada pembinaan hidup secara mandiri, tanpa harus memerlukan bantuan dari orang. Melalui keterlibatan orang tua untuk membiasakan berperilaku sehat melalui bimbingan kemampuan merawat pakaian aanak tunagrahita ringan, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian orang tua terhadap anaknya dirumah. Peneelitin ini termasuk dalam kategori peenelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan One Group Pre test-post tes design terhadap satu kelompok yaitu, 12 orang tua murid kelas dasar 4,5 dan 6 di SLB Negeri Sidoarjo. Analisis dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif non parametric dengan uji Wilcoxon signed test dan kualitatif dengan teknik kuesioner dan uji Regresi Liniers. Dari analisis untuk uji bedah sebelum dan sesudah di intervensi diperoleh hasil yang signifikan (0,002) atau p < 0,05. Uji regresi liniers digunakan untuk seberapa besar pengaruh sikap Orang tua terhadap kemampuan diri anak yang ditinjau dari empat aspek yaitu, (1) peran serta orang tua terhadap kemampuan merawat paakaian, (2) sikap orang tua terhadap kemandirian anak, (3) hubungan orang tua dengan guru disekolah, dan (4) pengetahuan orang tua tentang pendidikan merawat diri. Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa yang memiliki pengaruh terhadap kemampuan merawat pakaian anak adalah aspek pengetahuan orang tua tentang pendidikan merawat diri (0,025).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM.01/13 Bud k
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua terhadap anak tunagrahita
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
ANDI BUDIMAN, 099913478 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM Hanafi Muljoharjono, Prof., Dr., H., dr., SpKjUNSPECIFIED
ContributorRachmat Hargono, Dr., H., dr., MS., MPHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 01 Oct 2016 05:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item