IDENTIFIKASI BIAYA LINGKUNGAN DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BIAYA LINGKUNGAN PADA PT SIDOARJO UNIVERSAL METAL WORKS SEBAGAI TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN

WAHYU ARIWIGATI, 040214386 (2006) IDENTIFIKASI BIAYA LINGKUNGAN DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BIAYA LINGKUNGAN PADA PT SIDOARJO UNIVERSAL METAL WORKS SEBAGAI TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ariwigatiw-3006-a22806.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ariwigatiw-3006-a22806.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan suatu perusahaan berpengaruh pada dampak-dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas industri bagi masyarakat. Perusahaan selain bertujuan untuk mencari laba yang sebesar-besamya, hendaknya dalam menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ada juga memikirkan dampak sosial yang akan berpengaruh terhadap masyarakat. Dampak yang diakibatkan diantaranya adalah polusi udara, air, tanah, kebisingan, dan lain-lain. Untuk mengantisipasi dampak tersebut, maka perusahaan hendaknya menerapkan suatu manajemen biaya lmgkungan untuk memperbaiki kualitas lingkungan alam disekitar perusahaan sebagai akibat dari aktivitas perusahaan. Pada manajemen biaya lingkungan dilaporkan suatu laporan keuangan lingkungan yang memuat keuntungan lingkungan dan biaya lingkungan. Laporan keuangan lingkungan perlu dilaporkan secara terpisah karena sebagai sumber infonnasi yang amat penting untuk perencanaan dan pengendalian dalam meningkatkan kinerja lingkungan. Penelitian ini dilakukan di pabrik kawat PT Sidoarjo Universal Metal Works di Sidoarjo dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif Rumusan maasalah yang akan dibahas adalah "Bagaimana identifikasi dan penentuan biaya limbah yang dilakukan perusahaan dan bagaimana usaha perusahaan dalam mengolah limbah cair sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan hidup sekitar?" Data yang diguniakan dalam penelitian ini adalah data proses produksi, data proses pengolahan limbah, dan data biaya operasional perusahaan pada tahun 2004. Laporan keuangan lingkungan belum diterapkan dalam perusahaan, sehingga terlebih dahulu menyusun laporan keuangan lingkungan dengan menggunakan model laporan keuangan lingkungan Hansen dan Mowen yang terdiri dari empat klasifikasi biaya lingkungan. Dari data dan basil analisis dapat diketahui bahwa perusahaan telah mampu menerapkan manajemen biaya lingkungan pada perusahaan, hal ini dapat dilihat dari adanya upaya-upaya dari penisahaan untuk mencegah adanya kegagalan-kegagalan baik internal maupun eksternal dan perusahaan mampu mewujudkan eksistensinya sebagai industri berwawsan lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan telah mampu menerapkan manajemen biaya lingkungan dengan adanya keuntungan lingkungan yang cukup besar. Meskipun demikian, perusahaan hendaknya secara berkala mengevaluasi aktivitas-aktivitas yang berkenaan dengan lingkungan sehingga kualitas lingkungan di masa mendatang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.228/06 Ari i
Uncontrolled Keywords: Manajemen Biaya Lingkungan, laporan Biaya Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU ARIWIGATI, 040214386UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBASUKI, Drs., M.Com.(Hons)., Ph.D.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 27 Nov 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/368
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item