PEROLEHAN HAK ATAS TANAH MELALUI KONSOLIDASI TANAH DI PERKOTAAN

TINA DIAN EKAWATI TARIDALA, 031043076 (2012) PEROLEHAN HAK ATAS TANAH MELALUI KONSOLIDASI TANAH DI PERKOTAAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-taridalati-23287-4.abstr-i.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hak milik atas tanah sebagai salah satu jenis hak milik, sangat penting bagi negara, bangsa dan rakyat Indonesia sebagai masyarakat agraria yang sedang membangun ke arah perkembangan industri dan lain-lain. Tanah sebagai kekayaan bangsa Indonesia harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Untuk mencapai pemanfaatan ini, perlu dilakukan konsolidasi tanah sebagai upaya untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penggunaan tanah serta menyelaraskan kepentingan individu dengan fungsi sosial tanah dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Konsolidasi tanah adalah kebijaksanaan pertanahan mengenai penataan kembali penguasaan dan penggunaan tanah untuk kepentingan pembangunan, untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan pemeliharaan sumber daya alam dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Dalam hal ini, konsolidasi tanah dilakukan berdasarkan adanya kesepakatan antara pihak penyelenggara konsolidasi tanah dengan pemilik hak atas tanah. Cara perolehan hak atas tanah dalam konsolidasi tanah dilakukan dengan cara pemberian hak atas tanah, hal ini disebabkan karena tanah tersebut yang menjadi obyek konsolidasi tanah telah terlebih dahulu menjadi tanah negara untuk memudahkan pengaturannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 23/12 Tar p
Uncontrolled Keywords: Land ownership acquisition, the land consolidation, cities
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3400-3431 Administrative law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
TINA DIAN EKAWATI TARIDALA, 031043076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUrip Santoso, Dr., SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 23 Oct 2016 17:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36873
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item