EKSPRESI DIRI NET GENERATION MELALUI TWITTER

Kamelia Abas Samana, 071046003 (2012) EKSPRESI DIRI NET GENERATION MELALUI TWITTER. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-samanakame-23861-7.abstr-t.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-samanakame-23861-18full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Twitter merupakan media jejaring sosial dengan pertumbuhan pengguna yang tinggi saat ini. Twitter menawarkan akses cepat dalam mencari informasi, berinteraksi dan memberikan ruang bagi penggunanya untuk mengekspresikan diri dalam ranah publik. Pengguna Twitter terbanyak adalah net generation yang telah melek perkembangan teknologi informasi. Berbagai ekspresi muncul dari hasil interaksi yang dilakukan net generation sehari-hari di dunia nyata. Peristiwa dan pengalaman yang terjadi pada diri dan lingkungan mempengaruhi ekspresi diri di Twitter sehingga membedakan cara net generation menunjukkan ekspresi diri mereka. Peneliti hendak mencari tahu bagaimana net generation mengekspresikan diri dan faktor apa saja yang membedakan cara net generation menunjukkan ekspresi diri dalam akun Twitter. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dan looking-glass self untuk menelaah pandangan diri dan pengalaman net generation sehari-hari sehingga memunculkan berbagai ekspresi diri dalam timeline profil Twitter. Dengan metode wawancara dan pengamatan pada akun Twitter penelitian ini menunjukkan pada akhirnya bahwa Twitter adalah wadah berekspresi bagi net generation dalam mengungkapkan perasaan, situasi yang sedang dihadapi serta opini; cara net generation mengekspresikan diri mereka dalam Twitter dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, kondisi psikologis terhadap suatu keadaan yang sedang dihadapi, serta situasi dan lingkungan pekerjaan. Twitter pun saat ini berhasil menggantikan fungsi orang tua sebagai teman berbagi bahkan berhasil mencuri kepercayaan net generation kepada orang tua. Sehingga terjadi pergeseran kepercayaan net generation dari keluarga kepada media sosial yaitu Twitter.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 20/12 Sam e
Uncontrolled Keywords: Twitter, Self Expression, Net Generation, Simbolic Interaction.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Kamelia Abas Samana, 071046003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta'in Mashud, Prof., Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Comm., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36946
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item