STUDI EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENERIMAAN SISWA BARU(DALAM KASUS PADA SMA SANTA MARIA SURABAYA)

FX. RUDY PRASETYA, 071046014 (2012) STUDI EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENERIMAAN SISWA BARU(DALAM KASUS PADA SMA SANTA MARIA SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-prasetyafx-23870-5.abstr-t.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-prasetyafx-23870-13full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada kegiatan pemasaran jasa layanan pendidikan, strategi komunikasi yang efektif dan terpadu memiliki peranan yang sangat penting. Dimulai dari marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Lalu, dilengkapi dengan kegiatan promotion mix (bauran promosi) yang terdiri dari advertising, sales promotion, public relations, personal selling dan direct marketing. Keseluruhan elemen tersebut dalam manajemen komunikasi pemasaran dikenal dengan nama bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix). Pokok bahasan dalam tesis ini adalah mengkaji strategi komunikasi pemasaran sekolah yang dilakukan oleh marketing komunikasi (Markom) SMA Santa Maria Surabaya dalam penerimaan siswa baru (PSB). Sebuah studi deskriptif kualitatif yang menggambarkan model strategi komunikasi pemasaran sekolah dan untuk mengetahui latar belakangnya serta memahami kelebihan dan kelemahan dari model strategi yang telah diaktivasinya. Dalam analisisnya, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan model komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications strategy model) dari George E. Belch dan Michael A. Belch. Hasil analisis menunjukkan bahwa model dan format dari Belch ini pada dasarnya telah diterapkan dalam keseluruhan aktivasi pemasaran sekolah di SMA Santa Maria Surabaya. Namun, communication tools yang diimplementasikannya masih minim kreativitas dan belum terpadu. Dalam aktivasinya, Markom SMA Santa Maria Surabaya belum memaksimalkan communication tools yang ada seperti dalam model strategi Belch. Oleh karena itu, agar dampak strategi komunikasi pemasaran sekolah dapat terlihat meningkat secara signifikan, maka berbagai teknik dan taktik harus dikemas secara lebih kreatif agar target market yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai secara lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 21/12 Pra s
Uncontrolled Keywords: marketing communications mix, promotion mix, integrated marketing communications, marketing communication strategy
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
FX. RUDY PRASETYA, 071046014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., M.Comm.,Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 06:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item