STRATEGI PERENCANAAN HUMAS TIM PUBLIC RELATIONS TA'MIRIYAH (Studi Evaluatif Model Perencanaan Humas Tim Public Relations Taman Pendidikan Ta'miriyah Surabaya terhadap Pemberitaan Media Massa Seputar Konflik Internal Yayasan)

PUTRI UTAMI RIZQIANINGTYAS, 071046015 (2012) STRATEGI PERENCANAAN HUMAS TIM PUBLIC RELATIONS TA'MIRIYAH (Studi Evaluatif Model Perencanaan Humas Tim Public Relations Taman Pendidikan Ta'miriyah Surabaya terhadap Pemberitaan Media Massa Seputar Konflik Internal Yayasan). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-rizqianing-27526-7.--abst-k.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
19.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konflik internal yang terjadi dalam tubuh Yayasan Ta’mirul Masjid Kemayoran Surabaya (YTMKS) secara langsung dapat berdampak pada citra Taman Pendidikan Ta’miriyah Surabaya (TPTS) sebagai lembaga pendidikan yang dinaung, terlebih dengan adanya pemberitaan media massa seputar konflik yang tengah terjadi. Dibentuknya Tim Public Relations sejak Pebruari 2010 yang dengan segera menyusun strategi perencanaan humas guna mengimbangi pemberitaan media massa menjadi menarik untuk diteliti. Lewat pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, peneliti berupaya mengeksplorasi praktik strategi perencanaan humas yang berlangsung di lembaga pendidikan Ta’miriyah melalui wawancara mendalam dengan Tim PR dan wartawan yang pernah meliput. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Tim PR Ta’miriyah mengaplikasikan model perencanaan strategis dengan melakukan analisis situasi sebelum menentukan tujuan PR (mengembalikan citra Ta’miriyah, setidaknya padaposisi netral) dan menjadikan media massa sebagai sasaran untuk mengarahkan opini publik. Strategi media relations dibangun dan dipelihara dengan baik sekalipun bermula dari pemberitaan negatif seputar konflik dengan cara mengalihkan isu peliputan pada penyelenggaraan kegiatan unik dan kreatif yang melibatkan publik internalnya secara massal, memiliki nilai berita (news values) hingga berujung pada publisitas positif. Dengan modal rata-rata tak lebih dari tiga juta rupiah setiap bulannya, Tim PR relatif berhasil menjalankan strategi yang direncanakan. Namun langkah ini tidak dibarengi dengan tindakan evaluasi yang semestinya juga dijalankan oleh PR Ta’miriyah dengan melibatkan humas (anggota tim) yang ada pada masing-masing jenjang. Meski terdapat kekurangan, Tim PR Ta’miriyah terbukti berhasil menjalankan fungsi dan perannya untuk menjembatani kepentingan lembaga dan publik (internal maupun eksternal), terutama dengan praktisi media massa, di tengah status legal fo`rmal yang belum tercantum dalam struktur organisasi kepengurusan Yayasan Ta’mirul Masjid Kemayoran Surabaya

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.10/12 Riz s
Uncontrolled Keywords: manajemen strategis, humas sekolah, hubungan pers, publisitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI UTAMI RIZQIANINGTYAS, 071046015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta’in, Prof. Dr.UNSPECIFIED
ContributorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item