MITOS PRIA SEJATI DALAM VISUALISASI IKLAN ROKOK DI INDONESIA

Aryo Bayu Wibisono, 071046013 (2012) MITOS PRIA SEJATI DALAM VISUALISASI IKLAN ROKOK DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-wibisonoar-27580-8.--abst-i.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan mitos pria dalam iklan rokok di Indonesia bagaimana penggambaran atau sosok pria sejati yang dalam mediamedia iklan di Indonesia. Jika dilihat lebih jauh media-media iklan rokok di Indonesia selalu menggunakan sosok atau karakter pria dalam berbagai kategori, hal ini tentu saja untuk mencitrakan produk-produk rokok dengan citra-citra tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dimana uraian makna dalam aspek visual diteliti dengan menggunakan metode tekstual dengan pendekatan semiotika Roland Barthes, yang dipakai untuk menelaah tanda-tanda simbolis yang terkandung dalam visual iklan print ad dalam hal ini khususnya iklan rokok di Indonesia. Tataran untuk membaca visual tersebut diuraikan dalam denotasi, konotasi, mitos, ideologi dan dibagi dalam kode-kode Hermeneutika, Semantik, Simbolik, Poairetik, dan Kebudayaan. Hasil penelitian ini akan menguraikan pengertian tentang bagaimana alur permodelan pria sejati dalam iklan-iklan rokok yang ada di Indonesia dan alur pesan dalam iklan, dalam hal ini adalah konsep maskulinitas. Selain itu memberikan pemaknaan konsep mitos pria yang diartikulasikan lewat visual iklan rokok Indonesia. Serta dalam penelitian iklan rokok ini menunjukan bahwa visual iklan tidak saja hanya sebatas ajakan dengan atribut komunikasi visual saja, akan tetapi memberikan sebuah kontribusi sosial dan pengertian makna gaya hidup bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.15/12 Wib m
Uncontrolled Keywords: Pria sejati, iklan rokok, semiotika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL300-325 The Myth, Comparative Mythology
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Aryo Bayu Wibisono, 071046013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Comm., PhD.UNSPECIFIED
ContributorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item