PERJANJIAN PEMBERIAN FASILITAS KPR IJARAH MUNTAHIYAH BITTAMLIK (Studi kasus di Unit Usaha Syariah Bank Permata)

SARI DEWI, 031142097 (2013) PERJANJIAN PEMBERIAN FASILITAS KPR IJARAH MUNTAHIYAH BITTAMLIK (Studi kasus di Unit Usaha Syariah Bank Permata). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-dewisari-24227-4.abstr-k.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Unit Usaha Syariah Bank Permata merupakan kegiatan bank yang berdasarkan dengan prinsip syariah. Dalam system pendanaan Unit usaha syariah masih bercampur dengan bank induknya yaitu bank Permata konvensional. Unit Usaha Syariah bank Permata mengeluarkan fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk nasabah yaitu dengan menggunakan tiga akad yaitu akad secara Konvensional, akad secara syariah dengan Murabahah dan secara Ijarah Muntahiya Bittamlik. Akad secara Konvensional yaitu nasabah membeli rumah dengan dibiayai oleh bank, secara Murabahah yaitu jual beli nasabah dengan bank dan nasabah mengetahui berapa marjin keuntungan yang diterima oleh bank tersebut, kemudian akad dengan ijarah Muntahiya Bittamlik adalah sewa beli yaitu nasabah menyewa property dari bank dengan keuntungan bank adalah dari harga sewa yang telah dibayar oleh nasabah tersebut setiap bulannya sampai dengan jatuh tempo sewa berakhir dan terjadilah jual beli. Unit Usaha Syariah bank Permata mempunyai kelebihan lebih banyak dalam penggunaan akad Ijarah Muntahiya Bittamlik dalam Kredit kepemilikan rumah (KPR) sehingga banyak nasabah yang memilih menggunakan akad tersebut dari pada akad secara Konvensional dan akad syariah secara Murabahah. Selain itu akad dengan prinsip syariah merupakan Akad yang bertujuan untuk Kemaslahatan umat bersama karena syariah adalah berdasar dengan Muamalah Islam dan Muamalah Islam mempunyai tujuan untuk kemaslahatan Umat bersama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 30/13 Dew p
Uncontrolled Keywords: Unit Usaha Syariah-Ijarah Muntahiya Bittamlik- Kemaslahatan umat bersama.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
SARI DEWI, 031142097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Shomad, Dr. Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Oct 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item