PENYELESAIAN SENGKETA DI BIDANG PERTAMBANGAN MELALUI MEDIASI

NOORWELDA SARI, 031042208 (2013) PENYELESAIAN SENGKETA DI BIDANG PERTAMBANGAN MELALUI MEDIASI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-sarinoorwe-24269-3.abstr-k.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masyarakat yang merasakan dampak negatif dari kegiatan pertambangan batubara jarang mengajukan tuntutan ke pengadilan, akan tetapi melalui unjuk rasa terhadap perusahaan batubara bahkan sampai melakukan pemblokiran jalan dengan harapan mendapatkan ganti kerugian. Tindakan masyarakat dengan melakukan unjuk rasa sebenarnya tidak perlu dilakukan karena konflik tersebut akan menjadi berlarut-larut tanpa kepastian. Agar permasalahan tersebut tidak menjadi berlarut-larut maka perlu diterapkan suatu alternatif penyelesaian sengketa secara damai salah satunya yaitu dengan cara mediasi. Penulisan tesis ini merupakan penelitian hukum (legal research), karena penulisan tesis ini berdasarkan pada norma-norma yang ada pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dan peraturan-peraturan terkait lainnya serta bahan-bahan hukum lain yang relevan. Menurut hasil dari penulisan tesis ini menunjukan bahwa : Pertama, Karakteristik sengketa di bidang pertambangan yang dapat diselesaikan melalui mediasi adalah sengketa yang dapat diselesaikan melalui perdamaian dalam ruang lingkup hukum perdata. Kedua, Undang-Undang telah mengatur tata cara penyelesaian sengketa melalui mediasi di luar pengadilan yaitu bahwa kesepakatan tentang penyelesaian sengketa melalui mediasi dituangkan ke dalam suatu perjanjian yang dibuat secara tertulis serta ditandatangani para pihak agar memiliki kekuatan hukum mengikat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 14/13 Sar p
Uncontrolled Keywords: Conflict Solution, the Mining Field, Mediation.
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB480 482 Private international law. Conflict of laws
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NOORWELDA SARI, 031042208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Sekarmadji, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Oct 2016 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item