BIOAKTIVITAS HUMAN MENOPAUSE GONADOTROPIN (HMG) DAN PREGNANT MARE SERUM GONADOTROPIN (PMSG) TERHADAP MATURASI OOSIT DAN CLEAVAGE YANG TERBENTUK (Suatu Penelitian Eksperimental Pada Oosit Sapi)

AA. MUHAMMAD NUR KASMAN, NIM010946005 (2011) BIOAKTIVITAS HUMAN MENOPAUSE GONADOTROPIN (HMG) DAN PREGNANT MARE SERUM GONADOTROPIN (PMSG) TERHADAP MATURASI OOSIT DAN CLEAVAGE YANG TERBENTUK (Suatu Penelitian Eksperimental Pada Oosit Sapi). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-kasmanaamu-24489-6.abst-k.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Maturasi oosit in vitro adalah proses pematangan oosit secara in vitro yang merupakan salah satu tahapan dalam kegiatan fertilisasi. Dalam media maturasi oosit in vitro, sering ditambahkan hormon gonadotropin (FSH-LH) yang bisa diperoleh dari urin wanita menopause (hMG) dan serum darah kuda bunting (PMSG). Hormonhormon ini sangat diperlukan untuk maturasi oosit agar meningkatkan kualitas oosit sehingga dapat memperbaiki potensi oosit untuk fertilisasi dan perkembangan embrional. Secara kimia struktur human FSH-LH berbeda dengan struktur FSH-LH pada hMG dan PMSG. Human FSH dan LH terdiri dari subunit yang sama yaitu 92 asam amino sedangkan subunit FSH terdiri dari 110 asam amino, subunit LH 121 asam amino. Pada hMG subunit sama yaitu 92 asam amino, subunit FSH terdiri dari 111 asam amino dan subunit LH 121 asam amino. Pada PMSG dengan subunit terdiri dari 96 asam amino dan subunit terdiri dari 149 asam amino. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bioaktivitas hormon hMG dan hormon PMSG dalam media maturasi oosit in vitro. Jenis penelitian ini adalah post test only control group design yang menggunakan rancangan acaak lengkap. Ada 4 perlakuan yaitu Tc 0, Tc +, Tc+hMG, dan Tc+PMSG dengan 6 ulangan. Maturasi oosit dilakukan dalam setiap 100 μl TC 199 yang diinkubasi selama 24 jam. Dosis hMG yang dipakai adalah 0,75 μg/ml sedangkan dosis PMSG adalah 15 IU. Pewarnaan oosit mature dengan aceto orcein dan inseminasi in vitro pada media rosset di bagian tengahnya. Persentase rata-rata oosit mature setelah maturasi adalah 16,67 % pada perlakuan Tc 0, 30 % pada Tc +, 80 % Tc+hMG, dan 83,33 % pada Tc+PMSG. Persentase embrio cleavage adalah 5 % untuk media Tc 0, 11,67 % untuk media Tc +, 43,33 % untuk media Tc+hMG, dan 46,67 % untuk media Tc+PMSG. Hasil korelasi oosit mature dan cleavage diperoleh sebesar 0,932. Hasil uji anova dari semua variabel menunjukkan perbedaan yang bermakna. Hasil uji BNT bahwa ada perbedaan antara kelompok perlakuan Tc 0 dan Tc + dengan kelompok perlakuan Tc+hMG dan Tc+PMSG baik pada maturasi maupun cleavage. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan hormon hMG dan PMSG ke dalam media maturasi oosit dapat mempengaruhi peningkatan persentase oosit mature dan cleavage, tidak terdapat hasil yang berbeda antara hormon hMG dan PMSG terhadap persentase oosit mature dan terbentuknya cleavage, dan terdapat korelasi pada oosit mature terhadap terbentuknya cleavage. Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan pemeriksaan secara detail terhadap hMG dan PMSG, harus diperhatikan tingkat sterilitas dari bahan, alat, dan lingkungan dalam pelaksanaan penelitian, serta dibutuhkan kehatian-hatian dalam melakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKR.01/13 Kas b; KKB KK-2 TKR.01/13 Kas b; KKC KK TKR.01/13 Kas b
Uncontrolled Keywords: hormon hMG, hormon PMSG, maturasi oosit in vitro, cleavage
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Kesehatan Reproduksi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AA. MUHAMMAD NUR KASMAN, NIM010946005NIM010946005
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLaba Mahaputra, Prof., Dr., drh., M.ScUNSPECIFIED
ContributorRina Judiwati, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Jun 2017 16:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item