Faktor keuangan dan non keuangan yang mempengaruhi penerbitan opini audit going concern (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI)

PATRICIA FEBRINA DWIJAYANTI, 041042012 (2013) Faktor keuangan dan non keuangan yang mempengaruhi penerbitan opini audit going concern (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-dwijayanti-24558-4.abst-k.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Opini auditor atas laporan keuangan dibutuhkan oleh para pengguna laporan keuangan perusahaan. Para pengguna laporan keuangan ini membutuhkan opini dari auditor independen sebagai jaminan atas keandalan informasi yang tersaji dalam laporan keuangan. Auditor juga berkewajiban untuk mengevaluasi going concern perusahaan kliennya. Jika terdapat keraguan terhadap going concern perusahaan, auditor harus menyatakannya di dalam opininya. Opini tentang keraguan going concern auditor disebut sebagai opini audit going concern. Ada berbagai macam faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan diterbitkannya opini audit going concern, ada faktor keuangan dan non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan faktor-faktor keuangan dan non keuangan yang dapat mempengaruhi diterbitkannya opini audit going concern dengan menggunakan data dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2005-2010. Faktor keuangan yang diteliti adalah kondisi keuangan perusahaan (yang diukur dengan model Altman, model revisi Altman dan model Springate), pertumbuhan penjualan, serta rugi operasional perusahaan. Sedangkan faktor non keuangan terdiri dari audit tenure, reputasi auditor, opini audit sebelumnya, serta audit lag. Penelitian ini menggunakan regresi logistik untuk pengolahan data dan pengujian hipotesis. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa hanya kondisi keuangan (yang diukur dengan ketiga model financial distress) dan opini audit tahun sebelumnya yang berpengaruh terhadap penerbitan opini audit going concern, sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh. Saran untuk penelitian berikutnya adalah memasukkan faktor makro ekonomi sebagai variabel independen dan menggunakan jenis industri yang berbeda (selain manufaktur) supaya bisa membandingkan antara berbagai macam jenis industri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 04/13 Dwi f
Uncontrolled Keywords: going concern opinion, financial condition, sales growth, operating losses, audit tenure, auditor reputation, previous audit opinion, audit lag
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PATRICIA FEBRINA DWIJAYANTI, 041042012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAGUS WIDODO MARDIJUWONO, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jan 2019 07:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item