PENGARUH VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED (VACA), VALUE ADDED HUMAN CAPITAL (VAHU) DAN STRUCTURAL CAPITAL VALUE ADDED (STVA) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN JASA KEUANGAN YANG GO PUBLIC DI INDONESIA

RINA FARIANA, 041013171 (2013) PENGARUH VALUE ADDED CAPITAL EMPLOYED (VACA), VALUE ADDED HUMAN CAPITAL (VAHU) DAN STRUCTURAL CAPITAL VALUE ADDED (STVA) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN JASA KEUANGAN YANG GO PUBLIC DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-farianarin-24621-4.abst-k.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Modal manusia dianggap penting, terutama bagi perusahaan yang memberikan pelayanan jasa termasuk perusahaan jasa keuangan. Sebagai perusahaan yang kegiatan usahanya berhubungan dengan pengelolaan dana nasabah, maka perusahaan jasa keuangan membutuhkan kemampuan intelektual dan kompetensi karyawan. Oleh karena itu penelitian ini berusaha membuktikan hubungan Modal Intelektual (VAIC ™) dan kinerja keuangan perusahaan untuk konteks Indonesia yang mengacu pada penelitian Chen et al. (2005) dan penelitian lain sebagai pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh VACA, VAHU dan STVA secara simultan dan parsial terhadap kinerja keuangan dan kinerja keuangan masa depan perusahaan jasa keuangan yang go public. Berdasarkan karakteristik masalah yang diteliti, penelitian ini merupakan studi empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 78 perusahaan jasa keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2011, yang kemudian dipilih beberapa perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel yakni sebanyak 61 perusahaan jasa keuangan yang memenuhi kriteria sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa VACA, VAHU dan STVA secara simultan berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE) dan Return on qparsial hanya Value Added Human Capital (VAHU) tidak berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE)dan Return On Equity masa Walaupun secara simultan VACA, VAHU dan STVA memiliki pengaruh terhadap ROE masa kini dan masa depan, namun secara parsial tidak semua komponen intellectual capital memiliki pengaruh terhadap ROE masa kini dan masa depan. Artinya pengelolaan intellectual capital tidak bisa hanya melibatkan salah satu komponen saja, karena hasilnya tidak akan optimal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 09/13 Far p
Uncontrolled Keywords: Value Added Capital Employed (VACA), Structural Capital Value Added (STVA), Value Added Human Capital (VAHU) and Return On Equity (ROE)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RINA FARIANA, 041013171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Novita, S.E., M.M., Ak., BKPUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item