TANGGUNG GUGAT PERUSAHAAN PEMERINGKAT ATAS KETERLAMBATAN PUBLIKASI HASIL PEMERINGKATAN

CHRISTOPHORUS BANUNAEK, 031042147 (2012) TANGGUNG GUGAT PERUSAHAAN PEMERINGKAT ATAS KETERLAMBATAN PUBLIKASI HASIL PEMERINGKATAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-banunaekch-25175-7.abstr-k.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap klasifikasi efek bersifat utang wajib memperoleh hasil pemeringkatan dan emiten wajib menyampaikan hasil pemeringkatan atas efek yang bersifat utang kepada Bappepam-LK, wali amanat dan bursa efek dimana efek bersifat utang tersebut dicatatkan, apabila hasil pemeringkatan efek ini terlambat dipublikasi maka Bappepam-LK dapat mengenakan sanksi terhadap emiten, dalam kaitan ini menarik untuk dikaji mengenai hubungan hukum antara perusahaan pemeringkat dengan perusahaan terperingkat serta mengenai upaya hukum dan tanggung gugat terhadap perusahaan pemeringkat. Untuk itu dalam penelitian ini dirumuskan 2 permasalahan, yaitu: (1) Apakah perusahaan pemeringkat bertanggung gugat terhadap kerugian yang diderita oleh perusahaan terperingkat atas keterlambatan publikasi hasil pemeringkatan; (2) Apakah upaya hukum yang ditempuh oleh perusahaan terperingkat akibat keterlambatan Penyampaian Laporan Pemeringkatan Atas Efek bersifat Utang. Untuk dapat menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tanggung gugat perusahaan pemeringkat akibat keterlambatan publikasi hasil pemeringkatan dan menganalisis upaya hukum yang ditempuh oleh perusahaan akibat keterlambatan publikasi hasil pemeringkatan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) tanggung gugat perusahaan pemeringkat akibat keterlambatan publikasi hasil pemeringkatan dapat diajukan oleh pihak perusahaan terperingkat dengan cara menggugat perusahaan pemeringkat efek kepengadilan negeri berdasarkan dalil wanprestasi, dalam hal ini pihak perusahaan terperingkat dapat menuntut ganti biaya rugi dan bunga akibat keterlambatan penyampaian hasil pemeringkatan efek; 2) upaya hukum yang ditempuh oleh perusahaan terperingkat akibat keterlambatan publikasi pemeringkatan yakni, mengajukan gugatan ke pengadilan negeri terhadap perusahaan pemeringkat efek atas dasar wanprestasi dan mengajukan gugatan ke pengadilan tata usaha negara terhadap putusan Bappepam-LK dengan dalil-dalil sebagaimana ketentuan Pasal 53 ayat 2 Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 146/12 Ban t
Uncontrolled Keywords: Liability, Remedies, and Ranking Securities.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CHRISTOPHORUS BANUNAEK, 031042147UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuchammad Zaidun, Prof.Dr., S.H., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 27 Sep 2016 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item