HIBAH TANAH OLEH PEMBERI HIBAH TANAH DALAM KEADAAN SAKIT (PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SURAKARTA NOMOR : 09/PDT.G/ 2011 /PN. SKA. )

WIWIEK WIDAYATI, 031042022 (2012) HIBAH TANAH OLEH PEMBERI HIBAH TANAH DALAM KEADAAN SAKIT (PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SURAKARTA NOMOR : 09/PDT.G/ 2011 /PN. SKA. ). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-widayatiwi-25778-5.abstr-).pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-widayatiwi-25778-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan-permasalahan hibah tanah sangat banyak terjadi di masyarakat, Salah satu permasalahan yang sering terjadi yaitu pembatalan/ penarikan hibah tanah yang telah diberikan oleh ahli waris lain dikarenakan berbagai hal diantaranya dikarenkan pemberi hibah dianggap tidak cakap atau dalam keadaan sakit dalam memberikan hibah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan kasus (case approach). Dari rumusan masalah Apa akibat hukum apabila pemberi hibah dianggap tidak cakap hukum dalam melakukan hibah; Apakah putusan di Pengadilan Negeri Surakarta Nomor: 09/PDT .G/ 2011 /PN. SKA yang menyatakan gugatan tidak dapat diterima dengan alas an yang dijadikan tergugat adalah diri pribadi Fauziah Husni dan bukan mewakili anaknya yang bernama Silvia dapat dibenarkan; Penderita penyakit otak atau stroke dapat termasuk dalam hal pengampuan apabila orang tersebut tidak bisa berbicara, berkomunikasi, tidak dapat mengutarakan maksud dan tujuannya dan tidak bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain. dalam kasus ini pemberi hibah mengalami penyakit stroke namun dijelaskan bahwa pemberi hibah masih dapat berkomunikasi dengan baik walaupun fungsi motorik atau fungsi jasmaninya agak terganggu. Sehingga tidak dapat dikatakan dibawah pengampuan atau termasuk orang-orang yang tidak cakap melakukan tindakan hukum.dan akibat hukum hibahnya adalah sah; menurut pasal 47 UU No. 1 t ahun 1974 tentang , orang tua mewakili anaknya baik didalam maupun pengadilan didalam gugatan harus mencantunkan kapasitas orang tua adalah sebagai wakil dari anaknya yang digugat. Maka gugatan tersebut ditolak dapat dibenarkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 159 12 Wid h
Uncontrolled Keywords: LAND TENURE-LAW AND LEGISLATION LAND REFORM-LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB636.3 Gifts. Charitable gifts. Donations
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
WIWIEK WIDAYATI, 031042022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Sekarmadji, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Sep 2016 00:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37152
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item